Dinas Sosial Karo Batalkan Usulan Santunan Korban Meninggal Covid-19


439 view
Dinas Sosial Karo Batalkan Usulan Santunan Korban Meninggal Covid-19
Foto SIB/Sonry Purba
DIWAWANCARAI : Kadis Sosial Karo Benyamin Sukatendel, didampingi Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Elly Br Peranginangin dan Plt Kasi Fasilitasi Korban Bencana, Sutrisno Tambunan diwawancarai wartawan di ruang kerjanya, Rabu (3/3/2021).

Karo (SIB)

Dinas Sosial Karo membatalkan usulan santunan korban meninggal akibat Covid-19 senilai Rp 15 juta untuk ahli warisnya.

Pasalnya, Kementerian Sosial (Kemensos) tidak ada mengalokasikan anggaran santunan itu pada 2021.

"Kebijakan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor 150/3.2/BS.01.02/02/2021tertanggal 18 Pebruari tentang Rekomendasi dan Usulan Santunan Ahli Waris Korban Meninggal Akibat Covid-19 yang dikeluarkan Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) Kemensos," kata Kadis Sosial Karo, Benyamin Sukatendel, di ruang kerjanya, Rabu (3/3/2021).

Selain itu, katanya, ada juga Surat Kepala Dinas Sosial Sumut nomor 465.2/0593/Dinsos/II/2021 tertanggal 23 Pebruari 2021 yang menyebutkan tahun anggaran 2021 tidak tersedia alokasi anggaran santunan korban meninggal akibat Covid-19 bagi ahli waris pada Kementerian Sosial. Sehingga terkait usulan yang disampaikan kepala desa/lurah sebelumnya tidak dapat ditindaklanjuti Kemensos.

Ia menambahkan awalnya pihaknya mengajukan sekitar 24 berkas nama pengajuan santunan untuk keluarga korban meninggal akibat Covid-19.

" Kami juga telah menyampaikan surat usulan ahli waris kepada korban meninggal dunia akibat Covid-19 tidak dapat ditindak lanjuti untuk menerima santunan,"katanya. (*)

Penulis
: Sonry Purba
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com