Donal Sihombing: Pemimpin Definitif Jamin Kontinuitas Pembangunan di Humbang


2.457 view
Foto Dok Josmar Naibaho
Donal Sihombing bersama Oloan Nababan, Calon  Wabup Humbang Hasundutan beberapa waktu lalu.
Jakarta (SIB)
Kehadiran pemimpin yang definitif dengan legitimasi yang kuat di Humbang Hasundutan sangat penting menentukan kontinuitas pembangunan, khususnya program pembangunan dari pusat dengan sumber pembiayaan APBN. Jika Humbang Hasundutan ke depan dikendalikan oleh Plt, maka hampir dapat dipastikan program pembangunan akan terganggu.

Hal ini dikatakan pengusaha sukses asal Lintong Ni Huta Kab. Humbang Hasundutan, Ir Donal Sihombing menyikapi perkembangan politik jelang Pilkada yang akan berlangsung 9 Desember 2020 mendatang. Pemilik PT. Totalindo Eka Persada ini mengajak semua masyarakat, khususnya perantau asal Humbang Hasundutan agar selalu bertindak dan bersikap positif, mendahulukan/mengedepankan kepentingan yang lebih besar, menempatkan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi atau kelompok. Artinya Pilkada Humbahas harus menghasilkan seorang pemimpin yang memiliki kewenangan penuh untuk menjalankan pemerintahan.

"Hendaklah kita semua mengedepankan dan menempatkan kepentingan yang lebih besar yang berpihak kepada rakyat Humbang, dengan memastikan kehadiran pemimpin yang definitif dalam Pilkada yang akan datang. Sebaik baiknya Plt, jauh lebih baik ada bupati definitip," ujar Donal saat ditemui SIB di Jakarta, Rabu (18/11/2020).

Di sisi lain, kata Donal, keberadaan bupati definitif hasil Pilkada 2020 juga dapat diartikan sebagai bentuk penghargaan dan respons positif rakyat Humbang kepada Presiden Republik Indonesia Jokowi atas upaya dan perhatiannya yang sangat besar mengarahkan banyak program pusat ke Humbahas. Program Pemerintahan Jokowi ke Humbang secara nyata telah mampu memajukan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, utamanya disektor pertanian,. Jokowi bahkan telah menetapkan Humbahas sebagai sentra ketahanan pangan nasional dengan membangun Food Estate.

"Lima atau enam kali Jokowi telah berkunjung ke daerah ini. Ini bentuk perhatian dan kepercayaan yang luar biasa. Kitapun wajib memberi respons positif dengan jaminan programnya akan berjalan dengan baik dan berkelanjutan," tegas Donal.

Seperti diketahui, dalam pilkada Humbahas 2020, Dosmar Banjarnahor berpasangan dengan Oloan Nababan diusung oleh seluruh partai yang ada. Paslon ini akan berhadapan dengan kotak kosong pada Pilkada 9 Desember 2020 mendatang.

Terkait adanya gerakan Kotak Kosong (Koko) yang digagas beberapa pihak, Donal mengaku dapat memahaminya. Namun keberadaan calon tunggal di Humbahas harus dimaknai sebagi bagian dari demokrasi yang sesuai dengan aturan.

"Toh kesempatan untuk berkompetisi terbuka bagi setiap orang. Hanya saja peluang itu tidak bisa dimaksimalkan oleh para bakal calon waktu itu, " ujar Donal.

Dalam kesempatan ini, Donal Sihombing juga berpesan agar masyarakat, baik pemilih maupun perantau bergandengan tangan mensukseskan pelaksanaan Pilkada yang tertib, aman dan lancar.(*)

Penulis
: Josmar Naibaho
Editor
: bantors@hariansib.com
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com