Emrus Sihombing Sarankan Vaksinasi Sistem Jemput Bola


314 view
Emrus Sihombing Sarankan Vaksinasi Sistem Jemput Bola
Foto Dok Josmar Naibaho
Emrus Sihombing

Jakarta (SIB)

Untuk mencapai target satu juta vaksin sehari, sebaiknya sistem vaksinasi dilakukan dengan cara jemput bola, bukan dengan pelayanan satu pintu. "Sistem jemput bola akan jauh lebih efektif daripada dilakukan dengan pelayanan satu pintu" ujar Pakar Komunikasi Publik Emrus Sihombing dalam pesan tertulisnya yang diterima SIB di Jakarta, Rabu (24/2/2021)

Menurut Emrus, sistem vaksinasi satu pintu yang kini dijalankan rawan memicu terjadinya kerumunan. Sementara disisi lain kita sedang mengejar waktu percepatan dan jangkauan area vaksin.

Strategi jemput bola ini, kata Emrus, tidak hanya memaksimalkan penggunaan pendataan dengan teknologi, tetapi juga sekaligus dapat memanfaatkan aparatur sipil negara yang bergerak dibidang pelayanan kesehatan untuk aktif menjalankan program vaksinasi.

Selain pelayanan vaksinasi, strategi jemput bola ini juga sekaligus berfungsi sebagai tracing dan treatment. "Para pejabat eselon di daerah dapat difungsikan untuk memantau langsung ke lapangan, jemput bola,"ujar Emrus.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan, pemerintah akan menjamakkan pelaksanaan vaksinasi jemput bola. Dimana Vaksinasi covid-19 akan lebih banyak dilakukan di lokasi-lokasi yang dekat dengan masyarakat.

Presiden Jokowi juga menegaskan kedepan pelaksanaan vaksinasi tidak lagi tergantung kepada rumah sakit atau puskesmas saja. Untuk mengejar pengendalian Covid-19, Pemerintah akan menggalakkan vaksinasi massal dan diadakan di area area yang mudah dijangkau masyarakat. (*)

Penulis
: Josmar Naibaho
Editor
: Wilfred/Eva Rina P
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com