Erupsi Gunung Sinabung Belum Ganggu Penerbangan di Bandara Kualanamu


170 view
(Foto.SIB/Dok)
Bandara Internasional Kualanamu di Deliserdang. 
Kualanamu (SIB)
Abu vulkanik dari erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, belum mengganggu operasional penerbangan di Bandara Internasional Kualanamu-Deliserdang, Selasa (2/3/2021).

Data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Kualanamu, yang diterima SIB, Selasa (2/3/2021) sore, menyebutkan bahwa letak Bandara Kualanamu dalam posisi menguntungkan karena arah angin tidak mengarah ke Bandara Kualanamu, sehingga abu vulkanik akibat erupsi tidak berdampak.

Pergerakan abu vulkanik Gunung Sinabung adalah ke arah barat gunung, sehingga bertolak belakang (menjauh) dari lokasi Bandara Kualanamu yang berada di arah timur laut Gunung Sinabung.

Perkiraan angin diatas 3.000 kaki hingga 18.000 kaki, umumnya dari Timur Laut-Tenggara dengan kecepatan 05-20 knot, sehingga abu vulkanik tidak mengganggu operasi penerbangan di Bandara Kualanamu.

Hal senada disampaikan Manager Officer In Charge (OIC) Bandara Kualanamu, Mira Ginting dengan mengatakan bahwa jarak pandang (visibility) masih normal yaitu 10 kilometer, sehingga abu vulkanik dinyatakan tidak signifikan terhadap pergerakan dan jarak pandang pilot operasional penerbangan di Bandara Kualanamu. (*).

Penulis
: Lisbon Situmorang
Editor
: Robert/Eva Rina P
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com