Hampir 2 Tahun, Mobil Damkar Hibah dari Korsel Belum Tiba di Samosir


244 view
Foto SIB/Dok. FB Group Menuju Samosir Maju Josmar Naibaho
Mobil damkar yang dihibahkan  Pemerintah Provinsi Geonggy, Korsel melalui Kementerian Dalam Negeri RI ke Kabupaten Samosir 2019 lalu.
Samosir (SIB)
Mobil pemadam kebakaran (damkar) yang merupakan bantuan hibah dari Pemerintah Provinsi Geonggy, Korsel melalui Kementerian Dalam Negeri RI sampai sekarang tak kelihatan di Samosir.

Penyerahan secara simbolis telah dilaksanakan Dirjen BAK Kemendagri, Eko Subowo bersama Pimpinan Delegasi Provinsi Geonggy, Park Song Ju di gedung Kemendagri Jakarta pada 25 September 2019 lalu.

Pemberian damkar ketika itu melibatkan tenaga teknis dan ahli, agar pengoperasian 1 unit damkar itu dapat lebih maksimal.

Idealnya, kebutuhan mobil damkar itu diharapkan bermanfaat dalam mengantisipasi musim kemarau yang panjang dan kebakaran lahan yang ada di wilayah Samosir.

Anehnya, sampai sekarang damkar itu belum kelihatan. Akhirnya masyarakat Samosir bagai bermimpi selama hampir 2 tahun, karena tak pernah melihat damkar dari mancanegara itu.

Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat dan Damkar Dinas Satpol PP Kabupaten Samosir, Sahat M Situmeang kepada SIB, Rabu (24/2/2021) di Pangururan menjelaskan, penyebab kendaraan hibah tersebut belum tiba di Samosir berkaitan dengan sistem damkar dimaksud.

"Proses penggantian kemudi dari sebelah kiri menjadi kemudi kanan, termasuk komponen lainnya," sebutnya.

Ia mengungkapkan, komponen damkar itu belum terkoneksi ke masternya dan ECU-nya lagi diperbaiki teknisi.

Ketika ditanya berapa anggaran yang sudah dipergunakan untuk memperbaiki damkar dari Korea Selatan itu, Sahat merinci sampai sekarang baru Rp. 40 juta APBD yang dipergunakan. (*)

Penulis
: Marihot Simbolon
Editor
: Wilfred/Eva Rina P
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com