Hari Kedua Pasar Murah KUMKM Sumut Lebih Kondusif


462 view
Hari Kedua Pasar Murah KUMKM Sumut Lebih Kondusif
Foto SIB/Danres Saragih
MENGIMBAU : Wakil Ketua Pasar Murah KUMKM, Unggul Sitanggang menyampaikan imbauan kepada warga, di Lapangan Yon Zipur Helvetia Medan, Senin (18/5/2020). 
Medan (SIB)
Hari kedua Pasar Murah KUMKM yang digelar Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Provinsi Sumut di 4 lokasi yakni, Lapangan Yon Zipur Helvetia Medan, GSG Provsu, Gedung eks Bandara Polonia dan Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Binjai, relatif lebih kondusif.

Hal itu dikatakan Ketua Pasar Murah KUMKM Provinsu Sumut Ridha Haykal Amal melalui Wakil Ketua Unggul Sitanggang kepada wartawan di Pasar Murah KUMKM Yon Zipur Helvetuia Medan, Senin (18/5/2020).

Dijelaskan, Pasar Murah KUMKM merupakan bagian dari kegiatan Gugus Tugas Covid-19 bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM Provsu yang dilaksanakan selama 5 hari dengan sasaran membantu warga yang terdampak Covid-19.

"Pasar Murah ini memberikan subsidi khusus terhadap kebutuhan pokok yang dijual ke masyarakat, sehingga harga kebutuhan bisa lebih terjangkau," katanya.

Begitu juga dengan beras dan telur yang dibeli dari pelaku UMKM maupun koperasi di Sumut guna membantu pelaku usaha kecil yang terpuruk akibat Covid-19.

Unggul menyampaikan maaf atas terjadinya desak-desakan dari warga pada hari pertama. Menurut dia, hal itu kemungkinan besar disebabkan tingginya animo warga serta adanya kekhawatiran tidak mendapatkan paket sembako yang dijual mengingat di setiap lokasi hanya disediakan 600 paket.

Padahal, sebutnya pihak panitia telah menetapkan standar operasional prosedur (SOP) guna mengatur proses penjualan paket dengan mengutamakan menjaga social distancing dan physical distancing guna mencegah penyebaran virus corona.

Sementara pantau wartawan di Lapangan Yon Zipur Medan pada hari kedua, warga terlihat tertib berbaris dengan memakai masker serta menjaga jarak satu dengan yang lain. Panitia bersama petugas dari Yon Zipur selalu mengarahkan warga untuk melalui beberapa proses sebelum pembelian paket, di antaranya menyemprot disinfektan dan mencuci tangan.

Guna mengantisipasi tidak terjadinya desakan warga, kata Unggul, panitia menyediakan kupon khusus yang hanya berlaku untuk hari Selasa (19/5/2020). Harapannya agar warga dapat lebih tertib dan bisa menjaga jarak sehingga diharapkan pelaksanaan pasar murah lancar dan warga dapat terhindar dari penyebaran virus corona. (*)


Penulis
: Danres Saragih
Editor
: Wilfred Manullang/Donna
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com