Hermansyah : Wartawan Rentan Tertular Covid-19


347 view
Foto SIB/Theopilus Sinulaki
PAPARAN:  Ketua PWI Sumut Hermansyah, didampingi Ketua PWI Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Justianus Purba memberikan paparan tentang adaptasi pers pencegahan Covid-19 dalam pelatihan jurnalistik, Rabu (2/12/2020), di Grand Orri Berastagi.
Karo (SIB)
Tugas wartawan rentan tertular Covid-19, sehingga perlu dilakukan adaptasi pers melalui tatanan baru dalam menjankan peliputan untuk mendapatkan berita bagus dan penting.

Hal itu dikatakan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara, H Hermansyah dalam pelatihan jurnalistik dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Karo, Rabu (2/12/2020), di Grand Orri Berastagi.

"Wartawan perlu adaptasi perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19," katanya.

Hermansyah menekankan adaptasi pers tetap mengikuti protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, menggunakan face shield, sering mencuci tangan, melakukan wawancara jarak jauh tanpa tatap muka dan tanpa wawancara cegat.

Diingatkan, pers senantiasa di depan seperti tenaga medis. Tidak punya tempat mundur, melainkan maju terus dengan tetap adaptif di tengah situasi sulit.

"Hanya dengan kesiapan untuk berubah dan kemampuan beradatasi akan menjamin keberlangsungan jurnalis sebagai garda depan untuk pencerahan masyarakat," katanya.

Hermansyah juga menyinggung peran media dalam memberikan edukasi kepada masyarakat, bagaimana sikap masyarakat di era new normal untuk menyesuaikan diri dalam adaptasi baru. (*)

Penulis
: Theopilus Sinulaki
Editor
: Wilfred/donna
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com