Imbas Tanggul Jebol, 2 Kecamatan di Tanjungbalai Tergenang Banjir


403 view
Imbas Tanggul Jebol, 2 Kecamatan di Tanjungbalai Tergenang Banjir
Foto SIB/Hendri Manik
PASANG BATUBATA : Gerald Damanik  seorang warga Kelurahan Pahang, Kecamatan Datuk Bandar  Tanjungbalai, memasang batubata sebagai tembok agar air tidak memasuki rumahnya, Jumat (11/12/2020).
Tanjungbalai (SIB)
Ribuan rumah warga di Kecamatan Datuk Bandar dan Kecamatan Datuk Bandar Timur Tanjungbalai, tergenang air.

Air yang menggenangi rumah warga merupakan imbas jebolnya tanggul (pembangian air) di Desa Suka Raja, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Asahan beberapa hari lalu.

Pantauan SIB Jumat (11/12/2020), di sejumlah lokasi terlihat tinggi air memasuki rumah warga mencapai 50 cm hingga 100 cm.

Sebagian warga telah mengungsi, baik ke rumah sanak famili maupun ke rumah warga yang belum terkena imbas banjir.

"Kita masih bertahan disini memindahkan barang-barang ketempat yang lebih tinggi, namun anak-anak sudah kita ungsikan ke rumah keluarga di Teluk Nibung," ujar Eka Surya warga Kelurahan Selat Lancang, Kecamatan Datuk Bandar Timur Tanjungbalai.

Sementara Gerarl Damanik, warga Kelurahan Pahang, Kecamatan Datuk Bandar Tanjungbalai mengaku juga masih bertahan dirumah. Karena rumah miliknya termasuk sangat tinggi dari jalan dan rumah warga lainnya.

Ditempat terpisah, Wali Kota HM Syahrial turun melihat kondisi warga yang terkena banjir dan memantau pintu klep air bandar jaksa yang merupakan pintu pengatur air.

HM Syahrial mengatakan Pemko Tanjungbalai telah menyiapkan posko siaga banjir bagi warga Kecamatan Datuk Bandar dan Datuk Bandar Timur di GOR Tanjungbalai, dengan fasilitas tim medis/kesehatan, dapur umum, posko inap, tempat ungsi barang barang warga serta mobil pengangkut barang milik warga.

HM Syahrial didampingi Sekda Yusmada, Kalaksa BPBD M Ridwan Parinduri, Kabag Pemerintahan dan OTDA yang juga Plt Camat Datuk Bandar Timur Pahala Zulfikar dan Kabag Umum Setdakot Tanjungbalai Hurmaini Nasution menambahkan, pihaknya terus berupaya melakukan berbagai antisipasi dalam mengatasi banjir yang saat ini menggenangi rumah warga.

"Antisipasi akan tetap kita lakukan, salah satunya kita tadi telah meninjau pintu klep sungai bandar jaksa agar terus aktif memompa air sehingga dapat mengurangi debit air yang mengarah ke wilayah Tanjungbalai khususnya Kecamatan Datuk Bandar dan Datuk Bandar Timur," jelas Syahrial.

Ia juga meminta agat BPBD, Satpol PP dan lintas OPD bersama TNI-Polri secara berkelanjutan memantau langsung perkembangan di lapangan dengan langkah-langkah strategis dalam penanganan banjir dan tetap memfungsikan dapur umum hingga kondisi kembali normal. (*)

Penulis
: Hendri Manik
Editor
: Wilfred/Donna
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com