Iringan Mobil Jenazah Pdt Agustinus Purba Disambut Isak Tangis Ribuan Jemaat

Ketua PGI Sampai Rasa Duka

1.072 view
Iringan Mobil Jenazah Pdt Agustinus Purba Disambut Isak Tangis Ribuan Jemaat
Foto dok/Tim IT GBKP
PEMAKAMAN : Tiga anak Pdt Agustinus Pengarapen Purba  memegang foto ayah tercinta menyaksikan prosesi pemakaman liturgi  GBKP dengan mengikuti protokol kesehatan, Jumat (20/11/2020), di TPU Larena Sukamakmur, Sibolangit. 

Karo (SIB)

Iring-iringan mobil jenazah Pdt Agustinus Pengarapen Purba STh MA, Ketua Moderamen Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) dari RS Martha Friska Medan menuju Sukamakmur, Kecamatan Sibolangit, Deliserdang, diwarnai isak tangis ribuan jemaat di sepanjang Jalan Jamin Ginting, Jumat (20/11/2020) pagi.

Jenazah alm Pdt Agustinus Purba dimakamkan di TPU Larena Sukamakmur oleh Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Karo, dirangkai liturgi gereja dipimpin Ketua Bidang SDM Moderamen GBKP, Pdt Sarianto Purba STh MMin, didampingi 10 pendeta lainnya dilengkapi alat pelindung diri (APD) sesuai protokol kesehatan, termasuk 3 anak kandung almarhum, Agatya Dorothea Purba, Lois Ananda Purba dan Pascal Dominggo Purba.

Ketua Persatuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) Pusat, Pdt Gomar Gultom menyampaikan rasa duka melalui WhatsApp BPMK GBKP, Kamis (19/11/2020). Ia menyampaikan rasa duka mendalam oleh pimpinan gereja-gereja atas berpulangnya Pdt Agustinus Purba. "Saya mengenang karya dan kebersamaan saya dengan Pdt Agustinus Purba," katanya.

Dalam diri Pdt Agus bermuara tekad, komitmen dan pengabdian, sebagaimana ditunjukkannya dalam karya-karya bersama JKLPK Region Sumatera. Kerendahan hati, kebaikan, kesungguhan dan kesediaan kerja kerasnya makin terlihat ketika memgemban tugas sebagai Direktur Parpem GBKP, meneruskan karya dan pengabdian Pdt Selamet Barus dan Pdt Borong Tarigan. Posisinya sebagai Ketua Moderamen GBKP tidak mengubah kerendahan hati dan kesederhanaannya.

"Alkitab menyaksikan, Kita hidup, hidup untuk Tuhan. Kita mati, mati untuk Tuhan. Dan saya yakin Pdt Agus menghidupinya. Saudaraku Agustinus Purba, istirahatlah dalam damai, dalam rengkuhan kasih Tuhan yang sempurna," ungkap Gomar Goeltom. (*)

Penulis
: Theopilus Sinulaki
Editor
: wilfred@hariansib.com/donna
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com