Istri Hakim Jamaluddin Dituntut Penjara Seumur Hidup


329 view
Istri Hakim Jamaluddin Dituntut Penjara Seumur Hidup
SIB/Rido Adeward Sitompul
SIDANG TUNTUTAN : Sidang beragenda pembacaan surat tuntutan tiga terdakwa pembunuhan hakim PN Medan, Rabu (10/6/2020).

Medan (SIB)

Zuraida Hanum istri hakim Jamaludin yang bertugas di Pengadilan Negeri (PN) Medan yang menjadi korban pembunuhan berencana, dituntut pidana penjara seumur hidup oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), di PN Medan, Rabu (10/6/2020).

"Meminta agar majelis hakim menuntut terdakwa dengan pidana penjara selama seumur hidup," ucap JPU Parada Situmorang dari Kejari Medan membacaka tuntutan.

Zuraida dinyatakan bersalah oleh jaksa karena terbukti menjadi pelaku pembunuhan yang direncanakan dengan matang kepada suaminya sendiri. Sementara itu, jaksa menyebut tidak ada hal yang meringankan terdakwa.

Dalam sidang itu, JPU Parada juga menuntut dua terdakwa lainnya yakni M Jefri Pratama serta Reza Fahlevi. Keduanya juga dituntut dengan hukuman yang sama yakni pidana penjara seumur hidup.

"Menuntut supaya majelis hakim yang memeriksa dan mengadili perkara ini menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan pidana pembunuhan secara bersama-sama," kata jaksa.

Jaksa menyebutkan perbuatan ketiga terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah sebagaimana yang didakwakan dalam dakwaan Primair Pasal 340 KUHP Jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1,2 KUHPidana.

"Sepanjang pemeriksaan tidak terdapat alasan pemaaf dan pembenar atas perbuatan terdakwa, maka terdakwa wajib mempertanggungjawabkan perbuatannya," papar JPU.

JPU menyebutkan adapun hal yang memberatkan hukuman ketiga terdakwa antara lain meninggalnya korban membuat kesedihan mendalam kepada keluarga korban, perencanaan menghilangkan nyawa korban dilakukan secara matang, perbuatan terdakwa Zuraida keji karena dilakukan pada suami sendiri dan tidak ada perdamaian antara terdakwa dan keluarga korban Jamaluddin.

"Sedangkan hal-hal yang meringankan tidak ada," tegasnya.(*)

Penulis
: Rido Adeward Sitompul
Editor
: Wilfred Manullang/Donna
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com