Jalan STM Hulu - Gunung Meriah Amblas


255 view
Foto dok/Saragih
GOTONG-ROYONG: Masyarakat bergotong-royong membuat jembatan darurat dari batang kayu  akibat jalan amblas di Desa Tanjung Raja, STM Hulu, Deliserdang, Sabtu (22/11/2020).
Deliserdang (SIB)
Jalan provinsi di Desa Tanjung Raja, Kecamatan STM Hulu menuju Kecamatan Gunung Meriah dan bisa tembus ke Kabupaten Simalungun amblas, Sabtu (21/11/2020). Lalu lintas sempat lumpuh akibat kejadian tersebut.

Informasi yang diperoleh, jalan itu amblas akibat curah hujan yang tinggi di STM Hulu sekitarnya. Diketahui kedalaman amblas jalan itu mencapai 2-4 meter. Dengan panjang jalan amblas berkisar 3-6 meter.

Saragih, warga setempat mengatakan, akses jalan di desa mereka terputus sejak sabtu sore. Diakui pengemudi sempat tidak dapat melintas karena lubang amblas cukup lebar dan dalam.

"Tanah amblas hampir dua meter lebih dalamnya. Warga banyak terjebak tidak dapat lewat terutama roda empat, kini sudah dibuat jembatan sementara dari batang kayu," terang Saragih.

Ia berharap, Pemerintah Propinsi Sumatera Utara khususnya Dinas Pekerjaan Umum dapat segera memperbaiki jalan longsor tersebut. Karena jalan itu merupakan akses utama yang dilalui masyarakat setiap saat untuk beraktivitas .

Camat STM Hulu, Budiman Sembiring yang dikonfirmasi Minggu (22/11/2020) melalui telepon seluler membenarkannya. Disebut kini arus lalu lintas sudah lancar.

"Kejadiannya semalam itu akibat curah hujan yang tinggi, lalu kondisi tanah memang sedikit labil itu pak," kata Budiman.

Hingga kini, terang Budiman, pihak PU dari Pemprov Sumut masih berada di lokasi. Mereka disebutnya sedang berupaya untuk memperbaiki jalan yang amblas.

"Jadi semalam masyarakat yang mengendarai roda dua gotong royong mengangkut kendaraan untuk melintas. Sementara untuk roda empat ke atas terpaksa mengantri untuk membuat jembatan darurat," kata Sembiring.

Dijelaskan, PU dari Provinsi Sumut bersama masyarakat sudah berhasil membuat jembatan darurat dari batang pohon kelapa. Namun pengendara untuk melintas perlu ektra hati-hati untuk melaluinya.

"Jadi tidak sempat macet panjang, karena pengemudi hanya beberapa yang melintas setiap saat atau sepi. Kita berharap agar PU Provinsi segera untuk memperbaiki jalan penghubung Deliserdang-Simalungun itu," tandas Camat STM Hulu itu.(*)

Penulis
: Jekson Turnip
Editor
: Robert/Eva Rina P
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com