Jalinsum Sarudik Jadi Langganan Banjir


156 view
Foto SIB : Helman
Mendorong : Pengendara sepeda motor terlihat sedang mendorong kendaraannya akibat terjebak banjir di Jalinsum Sibolga-Sidempuan  Km 6,5 Sarudik, Sabtu (21/11/2020).
Tapteng (SIB)
Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Perbatasan Kota Sibolga - Kabupaten Tapanuli Tengah, Kilometer 6,5 Kelurahan Sarudik, Kecamatan Sarudik, menjadi langganan banjir setiap hujan deras turun.

Selain menggenangi badan jalan hingga 30 centimeter, juga menggenangi rumah warga serta Wisma Hermina di sekitarnya. Akibatnya, arus lalu lintas terganggu serta mengakibatkan macet.

Pantauan SIB di lokasi Sabtu (21/11/2020) sejumlah kendaraan roda dua ada yang terjebak banjir, sehingga terpaksa mendorong kendaraannya karena mesin mati akibat air masuk knalpot. Meski demikian, banjir Jalinsum Sarudik juga cepat surut.

Menurut keterangan warga, banjir Jalinsum diakibatkan gorong-gorong dan drainase di sekitar lokasi mampet oleh sendimen yang hanyut dari hulu. Ditambah lagi drainase yang sempit tidak mampu menampung air hujan.

Hotbi Situmeang, warga Sarudik mengatakan Jalinsum perbatasan Kota Sibolga - Kabupaten Tapanuli Tengah itu menjadi langganan banjir setiap hujan deras, turun. Faktor alam tersebut sudah berlangsung bertahun-tahun, namun belum ada kebijakan pemerintah untuk mengatasi.

Hotbi meminta pemerintah pusat melalui Balai Jalan Nasional menjalin sinergitas dengan Pemerintah Kabupaten maupun Kota Sibolga untuk mengatasi permasalahan banjir di Sarudik.(*).

Penulis
: Helman
Editor
: bantors@hariansib.com
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com