Jamin Layanan Cepat dan Sesuai Prokes, BPN Nias Ajak Warga Sertifikatkan Lahan


253 view
Foto : Dok/Kantor BPN Nias
Foto Bersama : Kepala Kantor BPN Kabupaten Nias Mahyu Danil SST MH (Dua dari kanan) beserta jajaran berfoto bersama Kasubbag TU Bank BRI Gunungsitoli Erwin Manurung Alexcander usai melakukan kunjungan dan koordinasi di Bank BRI Gunungsitoli, beberapa waktu lalu.
Medan (SIB)
Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Nias menyatakan kesiapannya untuk memberikan layanan pengurusan pertanahan kepada masyarakat, baik proses sertifikasi tanah atau perumusan serta pelaksanaan kebijakan di bidang pengendalian serta penanganan sengketa dan perkara pertanahan.

Hal itu dikatakan Kepala Kantor BPN Kabupaten Nias Mahyu Danil SST MH ketika diwawancarai SIB melalui telepon seluler, Minggu (14/3/2021).

Dikatakan, untuk itu pihaknya mengundang masyarakat untuk datang langsung mengurus sertifikat tanahnya. Selain menjamin penerapan protokol kesehatan (Prokes) dalam pelayanan di Kantor BPN Nias, Danil juga menjamin seluruh tahapan proses sertifikasi mulai dari survei, pengukuran dan pemetaan, penetapan hak tanah, hingga pendaftaran tanah akan dilakukan secara cepat dan mudah sesuai dengan standar operasi prosedur (SOP).

"Kami membuka diri dan siap memberikan pelayanan pertanahan kepada masyarakat pemohon hak atas tanah melalui proses sertifikasi," ujarnya.

Menjawab wartawan, Mahyu Danil meminta masyarakat tidak ragu untuk mengurus langsung urusan pertanahannya, karena pihaknya telah menerapkan protokol kesehatan secara ketat di Kantor BPN Kabupaten Nias.

"Kami juga memberlakukan pembatasan jam pelayanan dan membatasi jumlah pengurus agar tidak terjadi kerumunan di loket. Jadi masyarakat pemohon hak silahkan datang sendiri tanpa perlu didampingi atau menggunakan jasa orang lain, karena petugas kami siap membantu dan memberikan pelayanan," ujarnya.

Ditegaskan, pihaknya menjamin proses pengurusan sertifikat yang mudah dan cepat, serta tanpa pengutipan biaya apapun. Selain mendukung program pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN untuk sertifikasi tanah di Indonesia hingga tahun 2025, kemudahan pengurusan sertifikasi aset itu juga dilakukan untuk memberikan jaminan legalitas aset dan manfaat lainnya kepada masyarakat.

"Dengan sertifikat tanah, masyarakat memiliki kepastian hukum sehingga bisa mengurangi konflik pertanahan. Selain itu, masyarakat yang memiliki sertifikat juga bisa mendapatkan akses ke perbankan untuk pengajuan modal usaha dengan kredit usaha rakyat (KUR) dengan bunga ringan. Jadi kalau ini bisa dimanfaatkan dengan baik, akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

Dalam pelaksanaan tugas, terangnya, pihaknya berkoordinasi dengan pihak pemerintah daerah, Polres Nias, Kejari Nias, serta instansi terkait lain. Meski baru menjabat sebagai Kepala Kantor BPN Nias, akunya, dirinya beserta jajaran sudah melakukan silaturahmi dan membahas koordinasi dengan pihak terkait, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Kami memohon dukungan masyarakat dan pihak terkait, semoga kami dapat memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan tugas yang diamanahkan," sebutnya.

Danil tak memungkiri masih ada sejumlah program pelayanan di Kantor BPN Nias yang belum tuntas, seperti pengurusan program pendaftaran Tanah Sistematis lengkap (PTSL). Namun ditegaskan, hal itu sudah dikoordinasikan untuk segera dituntaskan.

“Keterlambatan itu nantinya akan saya cek dan koordinasikan dengan jajaran. Saya baru beberapa minggu menjabat sebagai kepala kantor BPN Kabupaten Nias, tapi saya pastikan ke depannya akan mempercepat pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan SOP," tegas mantan Kasi Survey, Pengukuran dan Pemetaan BPN Langkat itu. (*)

Penulis
: Roy Marisi Simorangkir
Editor
: Robert/Eva Rina P
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com