Jelang Bulan Puasa, Harga Komoditas Pangan di Tebingtinggi Naik


256 view
Foto Dok/Fredy S Nainggolan
MENUNGGU PEMBELI : Pedagang komoditas pangan di Pasar Gambir di Jalan Iskandar Muda, menunggu pembeli, Rabu (7/4/2021).
Tebingtinggi (SIB)

Sejumlah harga komoditas pangan di beberapa pasar tradisional di Tebingtinggi menjelang bulan puasa Ramadan mengalami kenaikan, Rabu (7/4/2021).

Pantauan SIB di Pasar Gambir, Pasar Sakti dan Pasar Inpres, kenaikan ini mempengaruhi omzet penjualan pedagang.

"Harga komoditas pangan sudah beberapa hari ini naik dan sangat mempengaruhi penjualan. Di mana stok barang yang susut dan membusuk," kata seorang pedagang, Sesan kepada harianSIB.com, Rabu (7/4/2021), di Pasar Gambir di Jalan Iskandar Muda.

Diterangkan, komoditas pangan yang naik yakni harga cabai rawit dari Rp 28 ribu menjadi 46 ribu, cabai merah Rp. 44 ribu menjadi Rp 46 ribu, bawang merah Rp 28 ribu menjadi Rp 30 ribu dan bawang putih dari Rp 24 ribu naik menjadi Rp 26 "Kenaikan ini diperkirakan akan terus naik hingga Ramadhan," ucapnya.

Dengan kenaikan harga komoditas ini, diakuinya, omzet penjualan menurun drastis. Di mana penjualan cabai perhari bisa 7 Kg, sekarang 1 Kg.

Pedagang lainnya, Julia juga mengatakan kenaikan komoditas pangan ini dipengaruhi beberapa pemasok mengurangi pasokan ke Tebingtinggi.

"Pasokan komoditas sedikit. Pemko Tebingtinggi kiranya dapat mengantisipasi, sehingga harga kembali normal," harapnya. (*)

Penulis
: Japet Arki Bangun
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com