KPK Limpahkan Perkara Korupsi Mantan Kadis Pendapatan Labura


609 view
KPK Limpahkan Perkara Korupsi Mantan Kadis Pendapatan Labura
Foto: Dok/Ali Fikri
Ali Fikri

Rantauprapat (SIB)

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melimpahkan berkas perkara dugaan korupsi terdakwa AS, mantan Kepala Dinas Pendapatan Labuhanbatu Utara yang membelit Bupati KSS, ke Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Medan, Rabu (27/1/2021).

"Hari ini, Rabu (27/01/2021), Jaksa KPK Budhi S melimpahkan berkas perkara terdakwa Agusman Sinaga ke PN Tipikor Medan," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri melalui WhatsApp kepada SIB, Rabu sore.

Terkait pelimpahan berkas perkara dan terdakwa tersebut, terdakwa ditahan dan dititipkan di Rutan Kelas I Jakarta Timur Cabang KPK.

"Penahanan selanjutnya beralih dan menjadi kewenangan dari hakim PN Tipikor Medan.

Namun tempat penahanan terdakwa Agusman Sinaga masih akan dilakukan penitipannya di Rutan Klas I Jakarta Timur Cabang KPK," sebut Fikri.

KPK juga masih menunggu penetapan dari Ketua PN Medan untuk penunjukan majelis hakim yang akan memeriksa dan mengadili perkara dugaan pemberian suap tersebut dan jadwal persidangan.

"Selanjutnya, menunggu penetapan penunjukan dari Majelis Hakim yang akan memimpin persidangan dan penetapan jadwal persidangan dengan agenda pembacaan surat dakwaan," ujarnya.

Fikri juga menyebut, KPK dalam surat dakwaannya mempersalahkan terdakwa melakukan tindak pidana memberi suap kepada penyelenggara negara, sebagaimana dakwaan Kesatu, melanggar pasal 5 ayat (1) Undang-Undang Tipikor, Juncto (Jo) pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP, juncto pasal 65 ayat (1) KUHP.

"Atau dalam dakwaan Kedua, melanggar pasal 13 UU Tipikor, Jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP, Jo pasal 65 ayat (1) KUHP," sebutnya. (*)

Penulis
: Efran Simanjuntak
Editor
: Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com