KPU Labura Gelar Simulasi Pemungutan Suara Tingkat TPS pada Pilkada Serentak 2020 di Sukarame


201 view
Foto SIB / Chairul Matondang
SAKSIKAN SIMULASI : Katua KPU Labura Heriamsyah Simanjuntak, Kapolres Labuhanbatu diwakili Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil) Kabupaten Labura Kompol H Matondang, anggota Bawaslu Labura Maruli S menyaksikan simulasi pemungutan suara yang digelar KPU di Desa Sukarame, Sabtu (21/11/2020).
Aekkanopan (SIB)
Hujan gerimis mengiringi simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi Perolehan Suara (Sirekap) di tingkat TPS pada Pilkada serentak tahun 2020 yang digelar KPU Labuhanbatu Utara (Labura) di TPS 9, Dusun Bopet Airsalak, Desa Sukarame, Kecamatan Kualuh Hulu, Sabtu (21/11/2020).

Ketua KPU Labura Heriamsyah Simanjuntak, anggota KPU Labura H Safru El Fauzi, James Ambarita, pihak Bawaslu Labura, Kapolres Labuhanbatu yang diwakili Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil) Kabupaten Labura Kompol H Matondang SH dan pihak terkait lainnya hadir saat simulasi.

Pada pelaksanaan simulasi yang tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19 itu, diperlihatkan, hal-hal yang kemungkinan terjadi pada pemilihan di TPS. Hal kemungkinan terjadi, pemilih tidak memakai sarung tangan dan masker, membawa anak dan tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) tetapi mempunyai KTP elektronik.

Komisioner KPU Labura Adi Susanto saat simulasi menyebutkan, jika tidak terdaftar dalam DPT, tetapi memiliki KTP, dapat menggunakan hak pilihnya, tetapi waktunya setelah pukul 12 .00 WIB. Tidak diperbolehkan membawa anak ke TPS dan tetap mematuhi Prokes penangan Covid-19 saat pemilihan.

Terpisah, komisioner KPU Labura lainnya, Habibullah menyebutkan, pada pemilihan di tengah pandemi Covid-19, penyelenggara menyediakan sarung tangan dan masker. Jumlah sarung tangan disediakan sesuai DPT dan masker, sebanyak 20 % dari DPT di setiap TPS.(*)

Penulis
: Chairul Matondang
Editor
: bantors@hariansib.com
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com