Kantor Bea Cukai Sibolga Musnahkan Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal


295 view
Kantor Bea Cukai Sibolga Musnahkan Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal
Foto : SIB/Marlon
DIBAKAR : Kepala KPPBC TMP C Sibolga Ahmad Luthfi bersama perwakilan instansi terkait memusnahkan  barang kena cukai ilegal hasil penindakan berupa rokok ilegal dengan cara dibakar,  di halaman Kantor Bea Cukai Sibolga di Pelabuhan Sibolga, Senin (12/4/2021).
Sibolga (harianSIB.com)

Kantor Bea Cukai Sibolga memusnahkan barang kena cukai (BKC) ilegal hasil penindakan di berbagai lokasi di daerah pengawasan, di halaman Kantor Bea Cukai Sibolga di area Pelabuhan Sibolga di Jalan Horas Sibolga, Senin (12/4/2021).

Barang bukti berupa rokok ilegal sebanyak 929.372 batang rokok dan 14.900 gram tembakau iris senilai total Rp515.950.460 tersebut, dimusnahkan dengan cara dibakar oleh Kepala KPPBC TMP C Sibolga bersama perwakilan instansti terkait.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabeaan (TMP) C Sibolga Ahmad Luthfi mengatakan BKC ilegal ini terbukti melanggar ketentuan UU Nomor 39 Tahun 2007 tentang perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 1995 tentang cukai.

"Telah ditetapkan menjadi barang milik yang menjadi milik negara untuk selanjutnya dimusnahkan berdasarkan surat persetujuan Kanwil Dirjen Kekayaan Negara Sumut," katanya.

Menurutnya, berbagai modus pelanggaran yang berhasil ditemukan petugas Bea Cukai Sibolga diantaranya BKC tanpa dilekati pita cukai (polos), BKC dilekati pita cukai palsu dan BKC yang dilekati pita cukai tidak sesuai peruntukan.

"Keberhasilan penindakan ini tidak terlepas dari sinergi yang baik dengan masyarakat, TNI-Polri, Pemda, media dan instansi lainnya," katanya seraya menambahkan dengan kegiatan pemusnahan ini semoga menjadi titik peringatan bagi para pelaku pelanggaran UU cukai termasuk agar masyarakat turut serta membantu dengan tidak memperjualbelikan BKC Ilegal. (*)

Penulis
: Marlon
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com