Kapolres Humbahas Resmikan Kampung Tangguh di Desa Siambaton Pakkat


126 view
(Foto Dok/Protokol Sekdakab Humbahas)
RESMIKAN : Kapolres Humbahas AKBP Ronny Nicolas Sidabutar didampingi Wakil Bupati Humbahas Dr (Cand) Oloan Paniaran Nababan melakukan pengguntingan pita sebagai tanda peresmian kampung tangguh di Desa Siambaton Kecamatan Pakkat, Selasa (2/3/2021). 
Humbahas (SIB)
Kapolres Humbang Hasundutan (Humbahas) AKBP Ronny Nicolas Sidabutar bersama Wakil Bupati Humbahas Dr (Cand) Oloan Paniaran Nababan SH MH resmikan kampung tangguh di Desa Siambaton Kecamatan Pakkat, Selasa (2/3/2021).

Tiba di lokasi, Kapolres didampingi Wakil Bupati Humbahas disaksikan masyarakat setempat melakukan pengguntingan pita di gapura pintu masuk desa sebagai tanda diresmikannya kampung tangguh tersebut. Selanjutnya mereka meninjau ruang isolasi, ruang kesehatan dan ruang konseling kampung tangguh.

Kapolres mengatakan kampung tangguh itu sebagai media penggerak masyarakat untuk penanganan Covid-19 dan kejahatan lainnya seperti Narkoba. Kata dia, kampung tangguh itu tidak akan terealisasi kalau tidak ada peran serta dari Pemkab, TNI, Polri, tokoh agama, tokoh adat dan masyarakat.

Lebih lanjut dijelaskan, secara khusus Covid-19 menjadi pandemi yang harus ditangani secara serius. Covid sudah membunuh hampir 2,5 juta jiwa di seluruh dunia dan hampir 10 kali lipat penduduk kabupaten Humbahas. Namun untuk Kecamatan Pakkat, kata dia, terkonfirmasi Covid-19 masih 5 orang. Tapi meski demikian, semua harus tetap siaga karena Covid-19 masih pandemi.

“Marilah kita dukung program pemerintah untuk membuat kampung tangguh yang mampu mandiri untuk menghadapi Covid-19, mandiri dalam Kamtibmas dan mandiri dalam ketahanan pangan. Kampung tangguh ini direncanakan sebanyak 22 desa yang tersebar di 10 kecamatan,” ujar AKBP Ronny.

Dia menambahkan, ruang konseling yang didirikan diharapkan sebagai tempat penyelesaian permasalah di Desa Siambaton. "Kalau ada permasalahan di desa ini seperti perkelahian, pencurian cukup diselesaikan di Desa Siambaton. Polri, Babinsa dan masyarakat desa harus duduk bersama dalam menyelesaikan permasalahan," pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Humbahas Oloan Paniaran Nababan menyampaikan, bahwa Desa Siambaton adalah desa yang diberkati Tuhan dengan kesuburan lahan pertanian dengan beragam hasil bumi. Maka kita patut bersyukur kepada Tuhan.

"Desa Tangguh, berarti masyarakatnya akan memiliki tubuh yang tangguh, memiliki ketangguhan dalam pangan, tangguh dalam hal komunikasi dan tangguh dalam segala hal untuk lebih baik. Desa ini diharapkan juga menjadi berkat dan percontohan untuk desa lainnya untuk menjadi lebih tangguh. Pemkab Humbahas akan memberikan yang terbaik bagi masyarakat Humbang Hasundutan," kata Oloan.

Dengan tetap menjaga protokol kesehatan, sebagai ucapan terimakasih, masyarakat setempat memberikan cendramata berupa ulos kepada Kapolres dan Wakil Bupati Humbahas. (*)

Penulis
: Frans Simanjuntak
Editor
: Robert/Eva Rina P
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com