Kejari Karo Eksekusi Lahan Pemkab Karo yang Dikuasai Warga


912 view
Kejari Karo Eksekusi Lahan Pemkab Karo yang Dikuasai Warga
(Foto SIB/Marlinto Sihotang)
EKSEKUSI : Personel Kejari Karo, Satpol PP, Dinas Lingkungan Hidup serta perangkat Desa Gurusinga mengeksekusi lahan  Pemkab Karo yang dikuasai warga, di Desa Gurusinga, Berastagi, Jumat (26/3/2021).
Karo (SIB)

Kejaksaan Negeri (Kejari) Karo mengeksekusi lahan Pemerintah Kabupaten Karo Cq Dinas Lingkungan Hidup yang dikuasai seorang warga Desa Gurusinga, Kecamatan Berastagi, Jumat (26/3/2021).

Tanah Pemkab Karo yang merupakan aset Dinas Lingkungan Hidup dengan nomor sertifikat 02.06.11.02.4.00005 seluas kurang lebih 5000 m2 di Desa Gurusinga, Kecamatan Berastagi itu, dibeli Dinas Kebersihan dan Pertamanan yang dikuasai serta ditanami T Ginting warga desa tersebut.

Kasidatun Kejari Karo, Dongan MT Sirait, didampingi Kasubagbin Manatap Sinaga menyebut sudah memberikan surat somasi dan teguran berulang-ulang kepada warga yang menguasai lahan tersebut.

"Surat teguran dan somasi sudah dilayangkan pihak dinas terkait sejak 17 Juni 2019 hingga 14 Agustus 2019, surat terlampir, namun tidak ada itikad baik dari pihak yang menguasai, sehingga hari ini kita melakukan eksekusi," katanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Radius Tarigan menyebut eksekusi dilakukan sehubungan dengan adanya surat dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor S.39/MenLHK-SETJEN/ROCAN/SET.1/1/2021 tertanggal 13 Januari 2021 perihal percepatan pelaksanaan DAK fisik penugasan bidang LHK TA 2021.

"Kita diminta agar melaksanakan percepatan DAK dengan mempedomani peraturan perundangan di lokasi ini," katanya.

Salah satu perangkat Desa Gurusinga, David PB Gurusinga mengatakan, surat teguran dari dinas terkait sudah disampaikan kepada seorang Putri T Ginting karena ayahnya tidak di rumah.(*)
Penulis
: Marlinto Sihotang
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com