Kejari Medan Diajak Lakukan Penyuluhan Hukum kepada Masyarakat


214 view
(Dok/Humas)
Cinderamata : Ketua Komisi I DPRD Medan Rudiyanto Simangunsong  dan Kajari Medan Teuku Rahmadsyah  saling tukar cinderamata saat kunker ke Kejaksaan Negeri Medan, beberapa waktu lalu. 
Medan (SIB)
Kejaksaan Negeri (Kejari) Medan diharapkan hadir di tengah masyarakat untuk melakukan sosialisasi dan penyuluhan terkait hukum. Kehadiran pihak Kejaksaan diyakini akan meminimalisir angka kriminalitas serta perlawanan masalah hukum.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi I DPRD Medan Rudiyanto Simangunsong kepada wartawan, Jumat (29/1/2021), via selularnya. Hal itu dimaksudkan agar kriminalitas di masyarakat bisa ditekan.

Selain itu, ia juga mengajak Kejaksaan untuk bersama-sama dengan DPRD Medan memberikan pelayanan hukum kepada warga. Permintaan itu juga sudah pernah disampaikannya saat Komisi I melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kejari Medan, beberapa waktu lalu.

Kunker yang dipimpin Rudiyanto, didampingi Wakil Ketua Komisi Margareth Marpaung, Sekretaris Habibburahman Sinuraya dan anggota Sahat Simbolon, Mulia Asri Rambe, Abdul Rani, Abdul Latif Lubis, Parlindungan Sipahutar dan Mulia Syahputra Nasution. Para anggota dewan itu diterima Kajari Medan Teuku Rahmadsyah didampingi para staf.

"Kami berharap Kejaksaan dapat mendampingi kami (DPRD) melakukan penyuluhan hukum di tengah masyarakat. Kami setiap bulannya ada bertemu dengan warga kegiatan sosialisasi Perda dan reses. Saat itu sangat dimungkinkan Kejaksaan dapat hadir," ujarnya.

Terkait Dana Kelurahan yang harusnya dipakai untuk pembangunan di tahun 2020, banyak terjadi Silpa. Hal itu karena takutnya pihak kelurahan menggunakannya.

"Takut terseret masalah hukum,” ujarnya.

Dalam kondisi seperti ini, hendaknya Kejaksaan bisa hadir dan memberikan pencerahan kepada seluruh stakeholder, agar pembangunan tidak tersendat akibat ketidakpahaman mereka menggunakan dana tersebut. (*)

Penulis
: Desra Gurusinga
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com