Kejari Medan Musnahkan Barang Bukti Narkotika dari 613 Perkara


173 view
Dok/Kasintel Kejari Medan
MUSNAHKAN BARANG BUKTI : Suasana pemusnahan barang bukti perkara pidana berkekuatan hukum tetap, di halaman Kejari Medan, Selasa (1/12/2020). 
Medan (SIB)
Kejaksaan Negeri(Kejari) Medan memusnahkan sejumlah barang bukti perkara pidana yang telah berkekuatan hukum tetap (inkrah), Selasa (1/12/2020), di halaman Kantor Kejari Medan Jalan Adinegoro.

Pemusnahan keselurahan barangbukti tersebut dilakukan dengan cara dihancurkan dan dibakar sampaihabis, serta menggunakan mesin insenerator sehingga tidak dapatdigunakan lagi.

Menurut Kajari Medan melalui Kasintel Bondan, Rabu(2/12/2020), barang bukti yang dimusnahkan berasal dari 613 perkara narkotika yang terdiri dari narkotika jenis sabu-sabu 1.637,56 gram, narkotika jenis ganja 548,32 gram dan narkotika jenis pilekstasi 245,35 gram.

Barang bukti lainnya berasal dari 204 perkara menyangkut tindak pidana Keamanan Negara dan Ketertiban Umum (Kamnegtibum) dan perkara tindak pidana.

Disebutkan, sebelum barang bukti itu dimusnahkan terlebih dahulu dilakukan pengujian oleh Tim Labfor Polri Cabang Medan terhadap Barang Bukti Narkotika jenis pil, sabu dan ganja. Pengujian danpemusnahan barang bukti tersebut juga disaksikan sejumlah undangan yang hadir di antaranya, Kapolrestabes Medan diwakili oleh Wakasat Reskrim, Ketua Pengadilan Negeri Medan diwakili Panmud Pidana, Koordinator pada Aspidum Kejati Sumut, Kepala BPOM Medan, BNNP Sumatera Utara, Dinas Kesehatan Medan, sertaPuslabfor Polri Polda Sumut.

Sebelum pemusnahan, Kajari Medan memaparkan jumlah dan jenis barang bukti yang akan dimusnahkan. Ditambahkan, untuk pemusnahan barang bukti narkotika, Kejaksaan Negeri Medan melalui BidangPengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan bekerjasama dengan BPOM Medan.

“Mesin insenerator yang digunakan merupakan alat pemusnah barangyang dioperasikan dengan menggunakan teknologi pembakaran pada suhu lebih dari 2000 derajat Celcius,” kata Kajari, didampingi Kasi Intelijen Bondan Subrata dan Kasi Pengelolaan BB dan Barang Rampasan Mirza Erwinsyah. (*)

Penulis
: Martohap Simarsoit/rel
Editor
: Wilfred/donna
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com