Kepala Desa Bawodesolo Gunungsitoli Laporkan Camat ke Polisi


1.611 view
Kepala Desa Bawodesolo Gunungsitoli Laporkan Camat ke Polisi
SIB/ Putra Nainggolan
TUNJUKKAN: Kades Triswan Larosa menunjukkan peta administrasi desa, dan mengklaim Dusun III Bawodasolo merupakan wilayah pemerintahannya, Rabu (20/5/2020) 

Gunungsitoli (SIB)

Kepala Desa (Kades) Bawodesolo, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli, Triswan Larosa melaporkan Camat Gunungsitoli Idanoi, Dasma telaumbanua dengan tuduhan melakukan maladministrasi terkait kewenangan menentukan batas wilayah Desa Bawodesolo yang berselisih dengan Desa Dahana.

Triswan Larosa, Rabu (20/5/2020) kepada sejumlah wartawan mengatakan, pada 9 Maret lalu, Camat Dasma Telaumbanua memediasi permasalahan Dusun III Bawodesolo yang menurut Kades, dicaplok Desa Dahana. Turut juga dibahas masalah pengerusakan prasasti yang dibangun pemerintah desa (pemdes) Bawodesolo di Dusun III.

Namun disebutkan, camat terkesan memihak kepada desa Dahana, karena mengeluarkan surat hasil rapat dengan kesimpulan, pembangunan jalan di Dusun III dan penempatan prasasti oleh Desa Bawodesolo tidak serta merta membuktikan wilayahnya.

Kemudian dikatakan, camat menyimpulkan pemerintah desa Bawodesolo tidak memiliki dasar keberatan atas pemasangan nama jalan yang dilakukan pemdes Dahana di dusun tersebut, padahal, Desa Bawodesolo dikatakan punya bukti peta administrasi dan surat hibah.

"Atas dasar itu, saya mewakili masyarakat telah melaporkan camat dengan tuduhan melakukan maladministrasi. Kami juga melaporkan pengerusakan prasasti yang terjadi 16 Maret lalu. Kami mohon polisi segera menindaklanjuti," harapnya.

Sementara, Camat Dasma Telaumbanua yang dihubungi mengatakan, berdasarkan PP nomor 65 tahun 2016, camat diberi kewenangan menyelesaikan masalah dengan musyawarah jika terjadi perselisihan batas desa.

"Saya merasa ada kekurangsesuaian laporan, termasuk membedakan berita acara atau keputusan. Saya akan mempelajari laporan Kades dan mempertimbangkan juga melapor jika ada unsur pencemaran nama baik," jelasnya.

Sementara Kapolres Nias melalui Ps Paur Subbag Humas, Bripka Restu E Gulo yang dikonfirmasi menjelaskan, soal laporan terhadap camat sudah dilakukan pemeriksaan saksi, akan dilakukan gelar perkara. Sementara soal pengerusakan prasasti dalam tahap penyelidikan. (*)

Penulis
: Putra Nainggolan
Editor
: Robert/Bantors
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com