Ketua DPRD Deliserdang Setuju Paripurna Pokir Diawasi


659 view
Ketua DPRD Deliserdang Setuju Paripurna Pokir Diawasi
Foto Dok Jekson Turnip
Zakky Shahri SH
Lubukpakam (SIB)
Ketua DPRD Deliserdang, Zakky Shahri SH mengaku sangat setuju lembaga pengawas dan penegak hukum mengawasi pelaksanaan paripurna Pokir yang dijadwal Senin (19/10/2020) pukul 10.00 WIB.

"Malah bagus (diawasi). Pokir itu diatur di Permendagri dan Tatib. Hak anggota DPRD menyampaikan aspirasi tentang pembangunan di dapil nya, kalau bisa semua pembangunan di Deliserdang dipantau pengawas agar benar-benar sesuai aturan demi kepentingan masyarakat," kata Zakky, Minggu (18/10/2020).

Ia membantah paripurna Pokir yang dijadwalkan terkesan dipaksakan. Sebab Pokir adalah pokok-pokok pikiran dewan berdasar aspirasi dari masyarakat.

"Untuk kebaikan masyarakat apanya yang salah ya. Kalau ada yang keberatan itu (Pokir), yang sebaiknya abang pertanyakan kenapa keberatan anggota DPRD membangun dapilnya," terang Politisi Gerindra itu.

Dia juga mengaku bahwa hasil paripurna Pokir akan dimasukkan dalam RKPD 2021. Hal itu disebut berdasarkan reses tahap I dan II. Dengan paripurna itu, pihaknya meminta dewan lainnya agar bersama mengawal apakah sudah masuk aspirasi 50 orang anggota dewan.

Zakky juga membantah bahwa Pokir dewan sudah diakomodir dalam RKPD 2021. "Belum pernah ada Pokir. Kita mau lihat apakah aspirasi dewan sudah tertampung apa belum. Kalau belum kita minta Pemkab supaya memasukkannya," terang Zakky.

Soal ada kecurigaan untuk pemaksaan kehendak, ia mengakui ada. "Kalau saya pasti bang menggiring pembangunan di dapil saya. Karena saya sangat ingin pembangunan di Hamparanperak dan Labuhandeli merata, karena mereka yang memilih saya sebagai perwakilan di DPRD," terangnya lagi.

Dia juga menerangkan untuk Pokir sudah melalui ketentuan yang ada. "Menurut saya sudah sesuai. Karena Pokir itu permintaan dewan di raker dan sudah dibamuskan. Soal adanya masalah pergeseran waktu sudah dibamuskan. Soal hasil bamus sesuai tatib tidak bisa dibatalkan kecuali di paripurna. Jadi salah itu kalau rapat pimpinan bisa batalkan kegiatan yang sudah dijadwalkan bamus," tandas Ketua DPRD Deliserdang itu.(*)

Penulis
: Jekson Turnip
Editor
: Robert@hariansib.com/evarina@hariansib.com
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com