Ketua PGI Wilayah Sumut Minta Pendeta Ingatkan Jemaat Terapkan 3M saat Khotbah


161 view
Foto Dok/Pdt Eben Siagian
SWAB : Ketua PGI Wilayah Sumut, Pdt Eben Siagian, menjalani pemeriksaan Swab di Labkesda Sumut, Kamis (15/10), dengan hasil negatif Covid-19.
Medan (SIB)
Ketua Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Wilayah Sumatera Utara, Pdt Dr Eben Siagian, meminta para pendeta dalam khotbahnya agar mengingatkan jemaat menerapkan secara disiplin protokol kesehatan, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak (3M) selama pandemi Covid-19.

"Saya mohon para pendeta di mana saja khususnya di Sumatera Utara, agar saat menyampaikan khotbah menyelipkan pesan kepada jemaat untuk mematuhi protokol kesehatan, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak dalam kehidupan sehari-hari," kata Pdt Eben saat dihubungi SIB melalui telepon, Sabtu (17/10).

Pdt Eben mengharapkan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak tersebut, menjadi perilaku hidup baru masyarakat. Penerapan perilaku hidup baru dibarengi dengan iman, diyakininya bisa menyelamatkan nyawa dari ancaman Covid-19.

"Dengan mematuhi protokol kesehatan ini bisa menyelamatkan diri sendiri, keluarga dan orang lain. Sebab, jika disiplin menerapkan 3M ini, risiko tertular dan menularkan Covid-19 semakin kecil," kata Pdt Eben.

Selain itu, Pdt Eben mengatakan, jika setiap orang disiplin memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak, penyebaran Covid-19 dapat terkendali.

"Saya harap masyarakat termasuk warga gereja memahami kondisi pandemi Covid-19 sambil mengubah perilaku. Memang tidak mudah, tapi jika kita disiplin menerapkan 3M itu, kita bisa terproteksi dari Covid-19 menunggu adanya vaksin virus itu," tutup Pdt Eben. (*)

Penulis
: Donna Hutagalung
Editor
: donna@hariansib.com