Langgar UU ITE, Oknum ASN Pemkab Karo Divonis 2 Tahun Penjara


978 view
Langgar UU ITE, Oknum ASN Pemkab Karo Divonis 2 Tahun Penjara
(Foto SIB/K02)
Terbukti melanggar UU ITE, oknum ASN Pemkab Karo Syarifin Bangun divonis majelis hakim   dengan hukuman dua tahun penjara pada sidang putusan di PN Kabanjahe, Jumat (26/2/2021).
Kabanjahe (SIB)
Dinyatakan sah bersalah karena perbuatannya, majelis hakim Pengadilan Negeri Kabanjahe menjatuhkan hukuman dua tahun penjara kepada oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Karo, Syarifin Bangun.

Putusan ini dibacakan majelis hakim diketuai Sulhanuddin, pada sidang putusan terhadap terdakwa, di ruang sidang Cakra, PN Kabanjahe, Jumat (26/2/2021).

"Terdakwa melanggar pasal 45A ayat (2) Jo pasal 28 ayat (2) UU Nomor 19/2016 Jo UU No 11/2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik," kata hakim.

Dalam pasal ini disebut, setiap orang yang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama ras dan antargolongan sebagaimana dimaksud dalam pasal 28 ayat (2) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 tahun dan atau denda paling banyak satu miliar rupiah.

"Salah satu yang memberatkan terdakwa, yakni perbuatan terdakwa telah merugikan masyarakat Desa Juhar," katanya.

Mendengar putusan itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejari Karo Mora Sakti Lubis dan Halfeus Hangoluan Samosir menyatakan masih pikir- pikir untuk tindakan selanjutnya.

Usai sidang, masyarakat Desa Juhar yang hadir pada sidang mengatakan putusan itu dianggap sudah adil. Kepala Desa Juhar Tarigan, Suheri Tarigan, mengatakan terdakwa dianggap melecehkan dan menyakiti perasaan masyarakat dengan postingan yang tidak pantas.

Sebelumnya, empat kepala desa di Kecamatan Juhar melaporkan oknum ASN Pemkab Karo ke aparat penegak hukum karena dinilai telah melakukan pelecehan dan penghinaan terhadap adat istiadat mereka.

Karena laporan masyarakat yang diwakili empat kepala desa itu, Jaksa Penuntut Umum dari Kejari Karo menuntut terdakwa dengan tuntutan pidana kurungan penjara selama tiga tahun.(*)

Penulis
: Marlinto Sihotang
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com