Nurhayati Telaumbanua : KBM di Nisel Wajib Patuhi Protokol Kesehatan


529 view
Nurhayati Telaumbanua : KBM di Nisel Wajib Patuhi Protokol Kesehatan
Foto: Dok/Disdik Nisel
MONITORING : Kadis Pendidikan Nisel Nurhayati Telaumbanua melakukan monitoring pengenalan peserta didik baru pada tahun ajaran 2020 di masa new normal, Senin (13/7/2020). 
Nisel (SIB)
Untuk memulai Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), pengelola sekolah harus memastikan kesiapan dalam menjalankan protokol kesehatan bagi peserta didik hingga para guru.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Nisel Nurhayati Telaumbanua kepada hariansib.com, Senin (13/7/2020), usai melakukan monitoring pengenalan pada peserta didik baru dibeberapa sekolah di Telukdalam.

Melihat status Nisel yang masih zona hijau Covid-19, menurut dia, sekolah diberikan peluang untuk melakukan belajar dengan sistem tatap muka, namun harus tetap mematuhi protokol kesehatan dan wajib ada persetujuan orangtua dengan pernyataan di atas materai.

"Sesuai ketentuanya jarak antara siswa ialah 1meter sampai 1,5 meter, berarti akan ada shift karena maksimal siswa dalam satu ruangan adalah 20 orang. Waktu belajar tidak lebih dari 30 menit untuk satu mata pelajaran dan ketentuan lain yang harus dipatuhi yang sudah tertuang didalam surat edaran yang kita bagikan ke sekolah,"jelas Nurhayati.

Diakui Nurhayati, agak sulit untuk menyesuaikan KBM dengan kondisi saat ini, apalagi sekolah masih kurang siap untuk menyiapkan peralatan dan hal lain dalam memenuhi protokol kesehatan seperti thermo gun, fasilitas pencuci tangan, hand sanitizer dan lainnya.

Namun demikian pihaknyanya telah membentuk tim untuk mengawasi sekolah dalam melakukan KBM sesuai protokol dan tidak memaksakan untuk melakukan KBM dengan tatap muka bila tidak mampu.

"Bagi sekolah yang tidak mampu maka harus menerapkan belajar sistem daring. Kita tidak mau mengambil risiko,"kata Nurhayati.

Penulis
: Putra Nainggolan
Editor
: donna@hariansib.com
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com