Operasi SAR SJ 182 Berlanjut, TNI AL Kerahkan MDC


338 view
Operasi SAR SJ 182 Berlanjut, TNI AL Kerahkan MDC
Foto SIB/Dispen Koarmada I
Tim Penyelam : Tim Penyelam TNI AL menyerahkan objek pencarian setelah dievakuasi dari bawah laut beberapa hari lalu.
Belawan (SIB)
Selain mengerahkan kapal perang, pada hari kesebelas atau masa perpanjangan Operasi SAR Sriwijaya Air SJ 182, Tim SAR Gabungan TNI AL juga mengerahkan Mobil Diving Chamber (MDC).

Hal tersebut dikatakan Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I, Laksda TNI Abdul Rasyid, selaku penanggungjawab Tim SAR Gabungan TNI AL, Selasa (19/1/2021).

"Ada dua titik Mobil Diving Chamber yang disiapkan, satu di KRI Semarang 594 dan satu lagi di Posal Tanjung Kait, Tangerang, merupakan akses daratan yang dekat dengan lokasi pencarian. MDC ini mendampingi para personel, untuk memberikan support serta dukungan moril, sehingga secara psikologis para penyelam lebih tenang, kalau terjadi dekompresi, mereka bisa ditangani dengan cepat," ujar Pangkoarmada I.

Selain itu, juga dilakukan pemantauan terhadap kondisi kesehatan dan keselamatan para penyelam di lapangan.

Sementara itu, dalam siaran persnya yang diterima wartawan, Selasa siang, Kadis Penyelamatan Bawah Air (Kadis Lambair) Kolonel Laut (T) Wahyudin Arif mengatakan, pada pencarian hari kesebelas, para penyelam Dislambair yang tergabung dalam Tim Gabungan SAR TNI AL bersama Denjaka, Kopaska dan Taifib, telah berkoordinasi serta akan bahu- membahu melakukan penyelaman.

Diharapkan arus di bawah air dalam kondisi baik, sehingga objek pencarian dapat ditemukan untuk selanjutnya dievakuasi ke darat.

Disebutkan, pencarian korban dan serpihan pesawat serta Cockpit Vouce Recorder (CVR) atau bagian lain dari kotak hitam, yang menyimpan isi percakapan di cockpit, masih menjadi objek pencarian dalam Operasi Gabungan SAR SJ 182 yang dilakukan oleh Basarnas.(*)

Penulis
: Pally S
Editor
: Robert/Eva Rina P
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com