Panel Surya Raib, Jalan Besar Rawang Gelap Gulita


210 view
Panel Surya Raib, Jalan Besar Rawang Gelap Gulita
Foto SIB/Donal Tampubolon
Hilang: Sebanyak 20 panel surya di jalan besar Rawang raib digondol orang tak bertanggung jawab sehingga kondisi jalan saat malam hari menjadi gelap gulita.
Kisaran (SIB)
Program Pemerintah membangun lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) sepertinya menjadi santapan empuk pihak yang tidak bertanggung jawab. Pasalnya, 20 panel surya di jalan besar Rawang yang mulai berfungsi Januari lalu hilang dicuri orang tak dikenal. Saat ini, kondisi jalan tersebut menjadi gelap gulita.

Sami’in, seorang Kades Kecamatan Rawang Panca Arga, Asahan kepada SIB, Sabtu (20/3/2021) menyayangkan hilangnya sejumlah panel surya yang terpasang di jalan besar rawang. Padahal, pengguna jalan sangat terbantu dengan adanya PJUTS yang selama ini kondisinya gelap gulita.

Atas kejadian itu, Kades Rawang Pasar IV itu menyesalkan pelaku yang mengambil keuntungan dari fasilitas yang dibangun Pemerintah. Hal senada dikatakan Puwanto, warga Air Joman. Menurutnya, hilangnya panel surya (solar cell) sudah terjadi sekitar bulan Januari lalu.

"Saya kerap lewat jalan itu. Saat malam saya lewat ada yang aneh dan ternyata lampunya mati semua. Tiga hari kemudian lewat lagi sambil perhatikan satu persatu, ternyata solar cell nya tidak ada lagi," tuturnya.

Menurut informasi, PUPR Asahan sudah melaporkan kasus hilangnya 20 panel surya dari Kementerian ESDM RI Januari lalu ke Polsek Kisaran Kota dan Polsek Air Joman. Sebab lokasi 20 PJUTS di antara wilayah kerja Kecamatan Kisaran Timur dan Kecamatan Air Joman. (*)

Penulis
: Donal Tampubolon
Editor
: bantors@hariansib.com
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com