Pasar Murah Membludak, HMI: Besar Potensi Sebarkan Covid-19


332 view
Pasar Murah Membludak, HMI: Besar Potensi Sebarkan Covid-19
Dok/AH Silalahi
M Alwi Hasbi Silalahi 
Medan (SIB)
Masyarakat pengunjung pasar murah yang digelar Pemprov Sumut di GOR Pancing, Jalan Wiliem Iskandar, Kabupaten Deliserdang, Minggu (17/5/2020) membludak. Kegiatan tersebut bahkan mengabaikan protokol kesehatan seperti physical distancing di tengah pandemi Covid-19.

Hal tersebut mendapat kritik keras dari Badko HMI Sumut. Ketua Umum Badko HMI Sumut M Alwi Hasbi Silalahi menilai bahwa Pemprovsu telah mengabaikan keselamatan masyarakat.

"Substansi dari pasar murah itu sendiri sebenarnya sangat baik, sangat membantu masyarakat, khususnya yang akan berlebaran. Tapi dalam kasus pasar murah yang digelar di GOR Pancing tersebut, Pemprovsu justru mengabaikan keselamatan masyarakatnya," katanya saat diwawancarai awak media.

Hasbi memaparkan, Pemprovsu harusnya memiliki cara yang lebih baik dan aman untuk membantu masyarakat dalam menyediakan bahan pokok murah jelang lebaran.

"Maka dari itu kami menilai bahwa Pemprovsu hari ini diisi oleh orang-orang amatiran. Orang-orang yang tidak mampu menciptakan perencanaan yang baik. Sementara pihak yang menggelar acara serupa dengan strategi yang lebih baik saja, seperti pemberian kupon bisa kebobolan," ujarnya.

"Kasihan masyarakat, Pemprovsu membuat masyarakat mengejar kebutuhan pokok sekaligus mendekatkannya dengan bahaya. Besar potensi pelaksanaan pasar murah tadi menyebarkan virus corona," sambung Hasbi.

Oleh karena itu, Hasbi mendesak gubernur untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap seluruh jajarannya.

"Pemprovsu tidak pantas berkilah bahwa masyarakat susah diatur. Evaluasi dan beri sanksi penanggungjawab kegiatan tadi. Selain itu evaluasi besar-besaran juga harus dilakukan karena kita selalu disuguhkan oleh banyak hal amatir yang ditunjukkan pemprov selama musim pandemi," tuturnya. (*)


Penulis
: Leo Bukit
Editor
: Wilfred Manullang
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com