Ganti Rugi Obyek Tanah Belum Dibayar

Pemilik Lahan Bendungan Datangi ATR/BPN Deliserdang


241 view
Pemilik Lahan Bendungan Datangi ATR/BPN Deliserdang
Foto.SIB/Lisbon Situmorang
TEMUI ATR/BPN : Pemilik lahan Wahyuddin (kanan) bertemu dengan staf ATR/BPN Syarifuddin Harahap, Rabu (24/6/2020), di gerbang kantor ATR/BPN Deliserdang di Lubukpakam. 
Lubukpakam (SIB)
Sebulan lebih disurati terkait penjelasan ganti rugi tanah yang belum dibayar, pemilik lahan, Wahyuddin (35) warga Desa Lubuk Bayak Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdangbedagai, mendatangi Kantor ATR/BPN (Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional) Deliserdang di Lubukpakam, selaku panitia pengadaan tanah, Rabu (24/6/2020).

Menurut pemilik tanah, sebulan yang lalu dia sudah menyurati ATR/BPN Deliserdang karena tanahnya seluas 25 rante (14 rante ditambah 4.569 meter persegi) di Dusun I Desa Tumpatan Nibung Kecamatan Batangkuis, hingga saat ini belum dibayar. Padahal, tanah itu sudah setahun lebih digunakan untuk pembangunan bendungan (waduk) DI (Daerah Irigasi) Serdang di Kecamatan Batangkuis.

Sebelumnya dia sudah menyurati PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) Irigasi dan Rawa I Kementerian PUPR Balai Wilayah Sungai Sumtera II. Dalam surat balasan itu disebutkan, bahwa hingga saat ini, ATR/BPN Deliserdang menyatakan belum menyerahkan validasi dan nomor nominatif, karena tanah itu sedang berperkara dengan pihak keluarga (ahli waris).

Beberapa saat berada di luar gerbang Kantor ATR/BPN, Wahyuddin bertemu dengan Kasubsi Pengadaan Tanah ATR/BPN Deliserdang Syarifuddin Harahap.

Menurutnya, pertemuan itu disepakati 2 hari kemudian pihak ATR/BPN akan memberikan kesimpulan sekaligus menyurati pihak Irigasi dan Rawa I Kementerian PUPR Balai Wilayah Sungai Sumtera II.

Sementara Syarifuddin Harahap ketika dikonfirmasi hariansib.com melalui selularnya mengatakan, Kasi Pengadaan Tanah ATR/BPN Deliserdang Edi Rabudi dan dia, akan segera menyurati pihak Irigasi dan Rawa I Kementerian PUPR Balai Wilayah Sungai Sumtera II terkait permasalahan itu. (*).

Penulis
: Lisbon Situmorang
Editor
: wilfred@hariansib.com/donna@hariansib.com
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com