Rabu, 19 Juni 2024 WIB

Pendaftaran Pilkada Usai, 12 Berkas Bapaslon Pulau Nias Diverifikasi

Redaksi - Senin, 07 September 2020 13:04 WIB
818 view
Pendaftaran Pilkada Usai, 12 Berkas Bapaslon Pulau Nias Diverifikasi
Foto: SIB/Riswan H Gultom
MENDAFTAR : Salah satu Bapaslon di Nias Utara, M Ingati Nazara-Otorius Harefa mendaftar, Minggu (6/9/2020), diiringi warga.
Nias (SIB)
Sebanyak 12 Bapaslon putra-putra terbaik kepulauan Nias resmi mendaftar ke 5 KPUD untuk mengikuti kontestasi Pilkada Desember mendatang. Berkas yang dinyatakan lengkap saat pendaftaran memasuki tahap verifikasi administrasi.

Ke-12 pasangan tersebut antara lain, Nias Utara, M Ingati Nazara-Otorius Harefa, Amizaro Waruwu-Yusman Zega dan Fonaha Zega-Emanuel Zebua. Kemudian di Gunungsitoli, Lakhomizaro Zebua-Sowaa Laoli. Pasangan ini disebut sebut akan berhadapan dengan kotak kosong, sebab tidak ada Bapaslon lain yang mendaftar.

Di Nias Barat, Eliyunus Waruwu-Mareko Zebua dan Khenoki Waruwu-Era era Hia. Nias Selatan, Hilarius Duha-Firman Giawa dan Idealisman Dachi-Sozanolo Ndruru.

Bapaslon Nias merupakan peserta terbanyak di Pulau Nias yakni 4 pasang, Arosokhi -Asaldin Gea, Christian Zebua-Anofuli Lase, Enanoi Dohare-Yulius Lase dan Yaatulo Gulo -Arota Lase.

Ketua KPUD Nias, Firman Mendrofa, Senin (7/9/2020), menjelaskan, berkas pendaftaran Bapaslon sudah lengkap dan layak diverifikasi. Tanggapan masyarakat dibuka hingga 8 September.

"Kita juga sedang verifikasi berkas, 13 September akan diumumkan hasilnya," jelasnya sembari mengatakan, Bapaslon akan menjalani pemeriksaan kesehatan hingga 10 September.

Sementara sesuai tahapan, penetapan menjadi pasangan calon bupati akan dilakukan pada 23 September.

Seiring usainya pendaftaran Bapaslon di Kepulauan Nias, suhu politik kembali menurun. Dari amatan SIB, sosok-sosok yang akan bertarung di pilkada dari berbagai latar belakang seperti kepala daerah petahana, wakil kepala daerah, mantan kepala daerah, jenderal purnawirawan, pensiunan polisi, pengusaha nasional, anggota DPRD hingga ASN pensiun dini. (*)

Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara KPUD Nias Barat Selesai
Ketua KPUD Nisbar: Pilih KPPS yang Bisa Bekerja
Diterpa Isu, Setiap Lulus PPS Nias Bayar Rp 5 Juta-Rp7 Juta
Inoto Fokus Infrastruktur, Aman Sinkronisasi Dana Desa
DPT Pilkada di Nias Utara 89.915 Jiwa
DKPP RI Dikritik Sidang di Nias Pada Masa Corona
komentar
beritaTerbaru