Penyuluhan Hukum di Sekolah, Jaksa Ingatkan Siswa Jauhi Hoaks dan Narkoba


308 view
Penyuluhan Hukum di Sekolah, Jaksa Ingatkan Siswa Jauhi Hoaks dan Narkoba
foto:dok Penkum
Foto Bersama: Bidang Penkum Kejati Sumut berfoto bersama guru dan siswa pada kegiatan  penyuluhan hukum di sekolah di Medan, Selasa (23/3/2021).
Medan(SIB)
Kejati Sumut bidang Penerangan Hukum(Penkum) dan petugas dari Dinkes Sumut, penyuluhan hukum di SMA Pencawan Medan, Selasa(23/3/2021), dengan topik terkait masalah hukum agar para siswa menjauhi hoaks, radikalisme, narkoba dan kenakalan remaja serta penyuluhan prokes.

Kasi Penkum Kejati Sumut Sumanggar Siagian dalam kesempatan itu juga memperkenalkan profesi jaksa sebagai penegak hukum, sehingga diharapkan para siswa bisa mengenali hukum dan menjauhi hukuman.

Disebutkan, tugas pokok jaksa tertuang adalam UU No 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia. Penyuluhan hukum dalam program Jaksa Masuk Sekolah, kegiatan kejaksaan yang dilakukan secara berkesinambungan.

Pemateri atau nara sumber Jaksa Fugsional Juliana PC Sinaga SH yang dimoderatori Jaksa senior Ghufran menyampaikan topik tentang berita hoaks dan radikalisme. Kata dia, belakangan ini ada saja anggota masyarakat yang berurusan masalah hukum hanya karena latah membuat status yang dapat menyinggung SARA, menimbulkan perasaan tidak menyenangkan serta menyebarkan berita hoaks yang kebenarannya diragukan.

Untuk itu ia mengajak siswa-siswi agar cerdas dan bijak dalam menggunakan gadget. Gunakanlah gadget atau handphone untuk hal-hal yang positif. Kendalikan hatimu, kendalikan jarimu dan saring dulu informasi yang diterima dari sumber yang tidak jelas. " Setelah menyaring informasi tersebut dan sudah yakin kebenarannya baru share," kata Juliana.

Ditambahkan, para siswa penting mengendalikan diri agar tidak mudah terpancing dengan berita hoax. Sebab berdasarkan UU ITE, kata Juliana, setiap orang yang melanggar pasal 27, 28 dan 29 UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) bisa dijerat dengan ancaman hukuman berat. Oleh karena itu, siswa-siswi diingatkan untuk mengendalikan jari tangannya agar tidak salah dalam menulis status dan mengirim informasi yang salah.(*)

Penulis
: Martohap Simarsoit
Editor
: Robert/Eva Rina P
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com