Perampok yang Memartil Op Dame Marpaung dan Istri di Rantauprapat Ditembak


765 view
Foto: Dok/Unit Resum
TEMBAK PERAMPOK: Tim Jatanras Unit Resum Satreskrim Polres Labuhanbatu menembak IM (38), tesangka perampok yang memartil kepala koban pasangan suami isteri lanjut usia, M Sampang Marpaung (75) dan Magdalena br Sitorus (73), di rumahnya, Selasa (17/11/2020), dan dijemput dari RSUD Rantauprapat setelah dirawat, Minggu (29/11/2020). 
Rantauprapat (SIB)
Polisi dari tim Unit Resum Satuan Reserse Kriminal Polres Labuhanbatu menembak seorang tesangka perampok yang memartil kepala koban pasangan suami isteri lanjut usia, M Sampang Marpaung (75) dan Magdalena br Sitorus (73), di rumah korban Jalan AMD Simpang Mangga Bawa, Lingkungan Purwodadi C, Kelurahan Bakaranbatu, Kecamatan Rantau Selatan, Kabupaten Labuhanbatu, Selasa (17/11/2020).

Tersangka MI (38), warga tetangga yang tidak jauh dari rumah korban, terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas karena berusaha kabur saat mencari teman tersangka melakukan pencurian dengan kekerasan itu, setelah ditangkap dari Dusun Kampungbaru Gununggajah, Desa Linggatiga, Kecamatan Bilah Hulu, Kabupaten Labuhanbatu, Minggu (29/11/2020).

"Saat diinterogasi, tersangka pelaku mengakui perbuatannya bersama temannya. Untuk mencari temannya dan barang bukti lain, tersangka pelaku melakukan perlawanan terhadap petugas dan berusaha kabur. Kemudian tim melakukan tembakan peringatan ke udara 2 kali, namun tersangka pelaku tidak menghiraukan, sehingga petugas memberikan tindakan tegas dan terukur dengan menembak tersangka dan kena pada kaki kanannya," kata Kapolres Labuhanbatu melalui Kasat Reskrim AKP Parikesit kepada wartawan, Senin (30/11/2020), melalui WhatsApp.

Parikesit menyebut tersangka MI ditangkap berdasarkan laporan polisi, nomor: LP/1699/XI/2020/SU/RES-LBH, tanggal 17 November 2020, yang dilaporkan puteri kandung korban, Elbine Purnama Marpaung yang melaporkan peristiwa tersebut dengan kerugian barang perhiasan yang hilang sekitar Rp20 juta.

Kedua korban tergeletak di lantai kamar berlumuran darah serta seisi rumah berantakan, ditemukan Elbine dan suaminya, KGF Sibarani saat datang ke rumah oranguanya itu, Selasa (17/11/2020), sekira pukul 09:30 WIB.

Elbine yang tinggal tidak jauh dari rumah orangtuanya, terkejut melihat barang-barang di rumah korban berserakan tak karuan dan menemukan kedua orangtuanya, M Sampang Marpaung dan Magdalena br Sitorus/Ompung Dame, tak berdaya dan tidak sadarkan diri berlumuran darah tergeletak di lantai kamar. Elbina dan suami kemudian membawa kedua korban ke RSUD Rantauprapat untuk pertolongan medis dan perawatan.

Selanjutnya, anak korban tersebut berusaha mencari pelaku dan membuat laporan pengaduan ke Polres Labuhanbatu untuk dilakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap tindakan perampokan dengan kekerasan tersebut.

"Tim Jatanras dipimpin Kanit Resum Iptu SM Lumbangaol langsung melakukan penyelidikan dan Minggu (28/11/2020), tim mendapat informasi tersangka berinisial MI yang diduga melakukan pencurian dengan kekerasan itu berada di Dusun Kampungbaru Gununggajah, Desa Linggatiga. Tim berhasil menangkap tersangka. Namun saat diinterogasi, tersangka pelaku melakukan perlawanan terhadap petugas dan berusaha kabur saat mencari temannya," sebutnya.

Kemudian tim membawa tersangka pelaku ke RSUD Rantauprapat untuk diobati. Setelah itu dibawa ke Polres Labuhanbatu untuk proses penyidikan.

Kasat juga menyebut pihaknya menemukan barang bukti HP Nokia C2/01 warna hitam, HP Nokia 150 putih, selembar surat bertuliskan Gunungsari Jaya, 2 untai cincin, seuntai kalung dan gelang tangan, alu, martil warna kuning, batu, pisau dapur dan parang.

"Tersangka pelaku MI kita jerat dengan pasal 365 KUH Pidana," kata Kasat Reskrim. (*)

Penulis
: Efran Simanjuntak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com