Perekrutan Tidak Sesuai Prosedur, Jenri Sinaga Gugat SK Kades Parbulun 1 ke PTUN Medan


981 view
Perekrutan Tidak Sesuai Prosedur, Jenri Sinaga Gugat SK Kades Parbulun 1 ke PTUN Medan
Foto/SIB Dok Jenri
Jenri Sinaga 
Sidikalang (SIB)
Jenri Sinaga (32) warga Desa Parbuluan 1, Kecamatan Parbuluan, Kabupaten Dairi, menggugat Surat Keputusan (SK) Kepala Desa Parbuluan 1 ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan.

SK Kepala Desa Parbuluan 1 Nomor: 140/24/SK.PD.P1/XII/2019 tentang Pengangkatan Perangkat Desa Parbuluan 1, Kecamatan Parbuluan, Kabupaten Dairi, ditetapkan dan ditandatangani pelaksana Kepala Desa Parbuluan 1, atas nama Sudiawan Manik.

Jenri Sinaga, Rabu (3/6/2020), di Sidikalang, mengatakan, pengangkatan/ penetapan perangkat desa dengan jabatan sekretaris desa, dinilai tidak sesuai prosedur.

"Proses penjaringan dan penetapan sekretaris desa tidak sesuai prosedur yang dilakukan Kepala Desa Parbuluan 1, yang pada saat itu dijabat pelaksana," kata Jenri.

Ia mengaku, pada proses penjaringan perangkat desa pertama, dirinya memiliki nilai tertinggi dari dua peserta merebut posisi Sekdes dan mendapat rekomendasi dari Camat Parbuluan. Camat Parbuluan mengeluarkan rekomendasi 9 nama, untuk posisi 9 jabatan dan didalamnya sekretaris desa.
"Untuk posisi sekdes direkomendasi atas nama Jenri Sinaga," ungkap Jendri.

Namun, saat pelantikan, jabatan Sekdes tidak ikut dilantik dengan alasan pelaksana Kades, Kades definitif yang akan melantik Sekdes. Berselang beberapa hari, ada pengumuman perekrutan Sekdes Parbuluan 1 dan perekrutan tidak sepengetahuan camat.

"Saya meminta kepada panitia dan camat agar perekrutan Sekdes dibatalkan, karena perekrutan sebelumnya sudah ada dan tidak dilantik," kata Jenri.

Perekrutan kedua itu, kata dia, diikuti dua peserta, salahsatunya Darto Sihombing yang juga mendapat SK sebagai Sekdes. Padahal, Darto Sihombing pada perekrutan pertama sebagai operator desa.

Jenri mengaku sudah menyurati Bupati Dairi, Polres Dairi agar perekrutan jabatan Sekdes dibatalkan.

"Pada saat itu, pelaksana camat mengaku tidak merekomendasikan nama Darto Sihombing sebagai Sekdes Parbuluan 1, tetapi tetap di SK-an pelaksana Kades," ungkap Jenri.

Kades Parbuluan 1, Parihotan Sinaga lewat telepon membenarkan gugatan Jenri Sinaga ke PTUN Medan dan ia sudah mengikuti dua kali persidangan. Jenri mengugat SK Kepala Desa Parbuluan 1 tentang pengangkatan perangkat desa dengan jabatan Sekdes atas nama Darto Sihombing, yang saat itu dijabat pelaksana kepala desa atas nama Sudiawan Manik.

Disebutnya, SK Sekdes terbit satu hari sebelum pelantikan kepala desa. "Kepala desa dilantik 18 Desember 2019, sementara SK Sekdes tertanggal 17 Desember 2019," kata Parihotan.(*)


Penulis
: Tulus Tarihoran
Editor
: Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com