Pernah di-OTT, Dinas Pariwisata Karo Kembali Kutip Retribusi Masuk Pemandian Air Panas Raja Berneh


456 view
Pernah di-OTT, Dinas Pariwisata Karo Kembali Kutip Retribusi Masuk Pemandian Air Panas Raja Berneh
Foto SIB/Dok
TANPA STEMPEL : Karcis retribusi memasuki pemandian air panas Raja Berneh tanpa stempel dan tandatangan pihak terkait. 
Tanah Karo (SIB)
Dinas Pariwisata Kabupaten Karo kembali berulah. Dinas ini kembali mengutip retribusi masuk ke pemandian air panas Raja Berneh dengan tarif Rp 4.000 tiap orang. Padahal sejak dua tahun lalu, persisnya sejak September 2018, pengutipan dihentikan lantaran petugas pengutip retribusi sebanyak tujuh orang di tempat itu ditangkap petugas Satreskrim Polres Tanah Karo dalam operasi tangkap tangan (OTT).

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Karo, Munarta Ginting, baru- baru ini, membenarkan pihaknya melakukan pengutipan retribusi memasuki pemandian air panas Raja Berneh di Desa Semangat Gunung Kecamatan Merdeka.

"Iya, untuk PAD Karo," katanya kepada wartawan.

Dasar pengutipan itu, katanya, mengacu pada Perda Karo Nomor 5 Tahun 2012 tentang retribusi jasa usaha.

Saat ditelusuri, dalam Perda Kabupaten Karo Nomor 5 Tahun 2012, tidak ditemukan adanya tertulis retribusi untuk obyek wisata rekreasi Pemandian Air Panas Raja Berneh di Desa Semangat Gunung, Kecamatan Merdeka.

Yang ada untuk obyek rekreasi Doulu, Kecamatan Berastagi dan Lintas Alam Gunung Sibayak. Kemudian, pada pasal 25, ditegaskan retribusi dikenakan bagi orang yang memanfaatkan jasa pelayanan tempat rekreasi, pariwisata dan olahraga yang disediakan, dimiliki dan atau dikelola oleh pemerintah daerah.

"Sementara di sana tak ada fasilitas yang disediakan dan dikelola oleh Pemkab Karo," kata seorang pengunjung tanpa menyebut nama.

Seperti diberitakan dua tahun lalu, petugas Satreskrim Polres Karo menangkap 7 petugas pengutipan retribusi pemandian air panas Raja Berneh. Dari tangan pelaku diamankan uang tunai sebagai barang bukti sebesar Rp 28 juta lebih, serta puluhan blok karcis pengutipan.(*)


Penulis
: Marlinto Sihotang
Editor
: wilfred@hariansib.com/donna@hariansib.com
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com