Pinjaman PEN Tapanuli Utara Rp 326 Miliar Lebih Diprioritaskan Untuk Infrastruktur


1.236 view
Pinjaman PEN Tapanuli Utara Rp 326 Miliar Lebih Diprioritaskan Untuk Infrastruktur
Foto Dok / Pemkab Taput
BERSAMA : Bupati Taput Nikson Nababan bersama Direktur Utama PT SMI Edwin Syahruzad foto bersama saat penandatanganan perjanjian pinjaman pemulihan ekonomi nasional (PEN), Jumat (23/10/2020) di Jakarta.
Tarutung (SIB)
Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara mendapat pinjaman pemulihan ekonomi nasional (PEN) daerah dari PT. Sarana Multi Infrastruktur (Persero) sebesar Rp326.670.000.000.
Bupati Taput Nikson Nababan menyebutkan pinjaman PEN SMI sesuai PMK 105/PMK.07/2020 tentang pengelolan pinjaman PEN untuk pemerintah daerah adalah program Pemerintah RI dalam pemulihan ekonomi nasional yang dianggarkan terbatas hanya Rp 10 triliun untuk tahun 2020.
Tujuannya untuk pemulihan ekonomi dengan memprogramkan penanganan infrastruktur. "Pinjam PEN SMI ini tidak ada beban bunga. Hanya dibebankan provisi 1 persen dari total pinjaman ditambah biaya pengelolaan 0,185 persen selama jangka pinjaman," ujarnya.
Ia menjelaskan pinjaman PEN SMI masa pengembaliannya maksimal 10 tahun dengan grace priode 2 tahun dan dikembalikan melalui DAU setiap bulannya. "Pinjaman PEN SMI sangat membantu daerah peminjam karena selain tidak ada bunga, tenggang waktunya yg panjang dan diberikan grace priode," tegasnya.
Nikson Nababan menjelaskan adapun pinjaman PEN daerah yang didapat Kabupaten Tapanuli Utara sebesar Rp 326.670.000.000 peruntukannya untuk pengembangan infrastruktur jalan, SDA dan irigasi, perbaikan jalan lingkungan dan PSU pasar.
Berikutnya pembangunan pagar Puskesmas Pembantu, revitalisasi gudang Farmasi Dinas Kesehatan, revitalisasi Puskesmas, Puskesmas Pembantu dan Poskesdes/Polindes. Juga revitalisasi pembangunan sarana dan prasarana pendidikan jenjang SD dan SMP.
Pembangunan jalan usaha tani, pembangunan jaringan irigasi, sekolah-sekolah, pengembangan kawasan obyek wisata Salib Kasih. (*)

Penulis
: Posma Simorangkir
Editor
: bantors@hariansib.com
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com