Pjs Bupati Cek Kesiapan Logistik Pilkada Sergai


511 view
Pjs Bupati Cek Kesiapan Logistik Pilkada Sergai
Foto SIB/Rimpun H Sihombing
TINJAU : Pjs Bupati Sergai, H Irman didampingi Sekdakab, HM Faisal Hasrimy meninjau gudang KPUD mencek kesiapan logistik pelaksanaan Pilkada Sergai, Kamis (3/12/2020).

Sergai (SIB)

Pejabat sementara (Pjs) Bupati Serdangbedagai (Sergai), H Irman didampingi Sekdakab, HM Faisal Hasrimy meninjau gudang logistik Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sergai di Wisma Karina Dusun I Desa Firdaus, Kecamatan Seirampah, Kamis (3/12/2020).

Kedatangan kedua pejabat Sergai ini, disambut Kasubbag Umum KPUD Sergai, Chairul Miftah Nasution untuk selanjutnya menjelaskan terkait kesiapan logistik KPUD Sergai dalam menghadapi pelaksanaan Pilkada serentak.

H Irman kepada awak media mengatakan, peninjauan ke gudang KPUD ini untuk melihat sejauh mana kesiapan KPUD Sergai dalam pelaksanaan Pilkada 9 Desember mendatang.

Irman menyebutkan, salah satu tugas Pjs bupati adalah menyukseskan pelaksanaan Pilkada, baik dalam pelaksanaan maupun meningkatkan jumlah pemilih yang ikut serta.

"Alhamdulilah, laporan dari Kasubbag Umum KPUD Sergai, persiapan sudah lebih dari 90 persen. Semua surat suara dan kotak sudah masuk, tinggal beberapa Alat Pelindung Diri (APD) yang belum masuk, dan itu tidak akan mengganggu pelaksanaan Pilkada di 9 Desember nanti," terangnya.

Dia berharap, pelaksanaan Pilkada di Sergai berjalan kondusif, jumlah pemilih yang hadir meningkat pesat dan lahirnya pemimpin yang akan membawa Kabupaten Sergai lebih baik lagi ke depannya.

"Saya sebagai Pjs dan seluruh ASN di Kabupaten Sergai komit tetap netral dalam pelaksanaan Pilkada ini," tegas Irman.

Sementara Sekdakab Sergai, HM Faisal Hasrimy, selaku Ketua Desk Pilkada Sergai yang bertanggung jawab mendukung KPUD dalam menyukseskan pelaksanaan Pilkada menambahkan, berdasarkan hasil peninjauan ke gudang tersebut diketahui bahwa semua fasilitas logistik untuk pelaksanaan Pilkada Sergai sudah lengkap.

"Diharapkan hari Minggu (6/12/2020), semua logistik sudah didistribusikan ke kecamatan untuk selanjutnya disalurkan ke TPS," jelas HM Faisal Hasrimy.

Terpisah, Kasubbag Umum KPUD Sergai, Chairul Miftah Nasution menjelaskan beberapa kegiatan yang telah dilakukan KPUD Sergai terkait persiapan logistik, salah satu yang paling utama adalah sortir dan pelipatan surat suara.

"Hasil dari sortir surat suara tersebut, ternyata ada kekurangan sekitar 152 surat suara dari kebutuhan, namun kekurangan itu sudah dipenuhi dan sudah kita terima tadi malam, dan hari ini akan segera kita sortir dan kita lipat," katanya.

Terkait beberapa perlengkapan logistik lainnya, Chairul menyatakan juga sudah terpenuhi. Dan saat ini, KPUD Sergai sedang melakukan sortir dan pengepakan terhadap seluruh kebutuhan perlengkapan TPS.

"Jumlah kotak suara sesuai jumlah TPS yang ada di Kabupaten Sergai yakni 1.482 kotak suara. Sedangkan jumlah surat suara sekitar 470.149 surat suara. Itu sesuai jumlah DPT 457.991 plus cadangan 2,5 persen," terangnya.

Dia juga menyebutkan bahwa KPUD Sergai sudah menerima kelengkapan APD dan sudah dilakukan pengepakan, hanya dua kelengkapan APD lagi yang belum diterima yakni, thermogun dan sarung tangan lateks. Kekurangan kelengkapan APD itu akan segera diterima dalam beberapa hari ke depan.

"Seluruh logistik akan didistribusikan ke kecamatan pada tanggal 6 Desember. Dari kecamatan ke desa direncanakan tanggal 7 Desember. Selanjutnya, dari desa ke TPS diperkirakan tanggal 8 Desember. Mudah-mudahan di tanggal 9 Desember, pelaksanaan Pilkada di Sergai dapat berjalan dengan baik dan lancar," pungkas Chaerul Miftah Nasution. (*)

Penulis
: Rimpun H Sihombing
Editor
: Robert
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com