Polres Dairi Gelar Rapat Koordinasi Menuju Adaptasi Kebiasaan Baru


430 view
Foto/SIB Tulus Tarihoran
FOTO BERSAMA: Kapolres Dairi, AKBP Leonardo Simatupang foto bersama dengan Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu pada rapat koordinasi menuju adaptasi kebiasaan baru, Selasa (21/7/2020) di aula Mapolres Dairi.
Sidikalang (SIB)
Polres Dairi gelar rapat koordinasi bersama stakeholder mendukung program pemerintah menuju adaptasi kebiasaan baru (AKB) pada sektor pariwisata, Selasa (21/7/2020) di aula Polres.

Kapolres Dairi, AKBP Leonardo Simatupang menuturkan, rapat koordinasi untuk memberikan masukan kepada pemerintah daerah dan pusat dalam hal destinasi. Danau Toba sudah ditetapkan UNESCO Global Geopark pada Sidang ke-209 Dewan Eksekutif UNESCO di Paris, dan juga satu dari sepuluh destinasi wisata prioritas.

Selain itu, juga mengukur kesiapan Polres Dairi dan Pemda pada adaptasi kebiasan baru dalam menggalakkan aktivitas kepariwisataan di Tao Silalahi dan Taman Wisata Iman (TWI) Sitinjo.

"Polri dapat membantu kegiatan kepariwisataan agar segera beraktifitas seperti semula, sehingga perekonomian bisa pulih," ungkap Leonardo.

Di masa pandemi semua sektor terpuruk dan hal itu tidak bisa dibiarkan, harus kembali beraktivitas dengan adaptasi kebiasaan baru. "Semua stakeholder seperti rumah makan, hotel dan pelaku wisata lainnya bila beraktifitas harus mengikuti protokol kesehatan," ungkapnya.

Sementara, Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate menuturkan, pandemi sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Menuju adaptasi kebiasaan baru diperlukan komitmen masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan.

Masyarakat dan pelaku wisata harus jadi motor dalam hal menjalankan protokol kesehatan. Saat ini, lanjut Eddy Keleng, Pemkab Dairi masih menunggu petunjuk dari Gubernur Sumut terkait aturan adaptasi kebiasaan baru.

Secara umum Dairi masih zona kuning, tetapi lokasi objek wisata zona hijau. Sudah ada pengusulan agar bisa membuka lokasi wisata. Kendati demikian, akan ada regulasi pada AKB, bagaimana melakukan buka tutup kegiatan usaha dan pariwisata.

Kegiatan turut dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Dairi, Mahadi Kudadiri, Camat Silahisabungan, Kepala Desa dan pelaku usaha di Silahisabungan, Kasat Sabhara, AKP Tugono dan jajaran Polres lainnya.(*)

Penulis
: Tulus Tarihoran
Editor
: Robert@hariansib.com/evarina@hariansib.com
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com