Pungut Sampah Plastik di Balige Tandai Adaptasi Kebiasaan Baru Kepariwisataan


264 view
Foto SIB/Eduwart MT Sinaga
PUNGUT SAMPAH : Aksi bersih - bersih dengan memungut sampah di seputaran  Balige, Kabupaten Toba, dalam rangka adaptasi kebiasaan baru kepariwisataan di destinasi wisata super prioritas Danau Toba, terkhusus Kabupaten Toba, Jumat (25/9/2020). 
Toba (SIB)
Adaptasi kebiasaan baru kepariwisataan di destinasi pariwisata super prioritas terkhusus di Kabupaten Toba, ditandai dengan gerakan aksi bersih - bersih memungut sampah plastik di seputaran pusat Balige, Jumat (25/9/2020).

Patrick Lumbanradja inisiator Gerakan Toba Bersih mengatakan, Gerakan Toba Bersih tersebut gerakan sosial untuk membersihkan lingkungan di sekitar Danau Toba, memerangi masalah sampah, khususnya sampah plastik.

Sebagai komunitas, gerakan tersebut pertama kali dideklarasikan pada Oktober 2019, bersama kaum muda milenial di Balige. Gerakan tersebut juga berperan aktif dengan lahirnya Bank Sampah pertama di Kabupaten Toba, yakni Bank Sampah Induk (BSI) IAS Toba.

Gerakan pada era adaptasi kebiasaan baru tersebut kerja sama dengan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT). "Kegiatan yang juga merupakan kepanjangan tangan dari Gerakan BISA (bersih, sehat, indah dan aman) Kemenparekraf/Baparekraf selama dua hari bertujuan untuk memotivasi masyarakat industri pariwisata dan juga memberikan informasi kepada wisatawan bahwa kawasan pariwisata Danau Toba siap untuk aktifitas pariwisata dengan menerapkan Protokol Adaptasi Kebiasaan Baru setelah terjadinya pandemi Covid-19, "pungkasnya. (*)

Penulis
: Eduwart MT Sinaga
Editor
: wilfred@hariansib.com/donna@hariansib.com
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com