Rayakan HUT Ke-8, PARBI Rangkul Milenial Batak dan Bentuk DPD


269 view
Rayakan HUT Ke-8, PARBI Rangkul Milenial Batak dan Bentuk DPD
Foto: SIB/Victor Ambarita
Gebyar HUT ke-8 tahun Persatuan Artis Batak Indonesia (PARBI) ditandai peniupan lilin dan pemotongan kue ulang tahun yang digelar di Gedung Toton Baho, Pekayon Bekasi, Minggu (11/04/2021).
Jakarta (harianSIB.com)

Memasuki usia ke-8, Persatuan Artis Batak Indonesia (PARBI) menggelar “Gebyar 8 tahun PARBI” dengan merangkul kaum milenial Batak yang menampilkan drama musikal dan digelar di Gedung Toton Baho, Pekayon Bekasi, Minggu (11/04/2021).

Juga, PARBI megembangkan sayapnya dengan membentuk Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Banten dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Tangerang.

Ketua Umum PARBI Andi Situmorang mengatakan, memasuki usia 8 tahun, PARBI berupaya keras agar semua anggota PARBI tetap bisa sejahtera di tengah wabah pandemi Covid-19 di Indonesia yang sudah melanda lebih dari setahun.

“PARBI dengan jumlah 400 anggota ini memang merasakan dampaknya. Kami sebagai pengurus PARBI tidak mau kehilangan akal. Kami berupaya agar anggota PARBI tetap punya kegiatan di masa pandemi dengan mengadakan hiburan acara virtual dan live streaming. Hasilnya diberikan kepada para penyanyi,” imbuh dia.

Sementara Sekretaris Jenderal PARBI, Allen Nagasaon Sinaga mengucap syukur memasuki usia ke-8 tahun ini PARBI mampu mengembangkan sayapnya dengan membentuk dewan pimpinan daerah (DPD).

“Kini kita sudah punya DPD PARBI Banten dan DPC Tangerang. Menyusul nanti dibentuknya DPD Jawa Barat,” ujar dia.

Allen melanjutkan, pembentukan DPD Jawa Barat ini penting sebab provinsi ini salah satu basis artis Batak yang paling banyak. Seperti di Bogor, Depok dan Bekasi.

“Kepada seluruh pelaku seni Batak, mari kita bersama membuka DPD dan DPC seperti wilayah Sumatera Utara, Medan dan Pematangsiantar,” kata dia.

Sedangkan Ketua panitia, Hottua Sirait menjelaskan, tema HUT Ke-8 PARBI adalah “Melangkah Bersama Menuju Era Digital”.

“Tema ini diambil agar kita bisa melangkah bersama menuju era digital. Dalam rangka HUT ini kita juga mengajak seluruh anggota PARBI untuk bersama menghadapi perubahan yang tidak bisa kita hindari,” ujar dia.

Hottua mengatakan, tidak hanya artis penyanyi dan pencipta lagu, artis lawak batak, artis musik etnik dan artis milenial Batak mesti melangkah bersama di era digital ini.

“Karena itu, kita melibatkan kaum milenial Batak yang membawakan drama musikal,” kata dia.

Penasehat PARBI Nelson Sitompul, SE menegaskan peringatan HUT PARBI ke-8 ini merupakan tonggak bahwa PARBI akan tetap eksis kedepan.

“PARBI mesti menaungi, merangkul dan menyatukan-orang-orang yang berkarya seni supaya lahir ciptaan yang agung. Diharapkan para seniman ini bisa berkiprah bukan hanya di belantika musik pop Batak dan nasional, namun juga internasional,” kata dia.

Nelson juga menaruh perhatian kepada seniman milenial Batak. “Seniman milenial Batak ini masih punya harapan dan mimpi besar. Beda dengan musisi yang sudah tua. Milenial inilah generasi penerus seniman Batak kedepan,” pungkasnya.(*)

Penulis
: Victor Ambarita
Editor
: Eva R Pelawi
Tag:PARBI
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com