Reaktif Rapid Test, Hasil Swab Adlin Tambunan Dua Kali Negatif


1.031 view
Reaktif Rapid Test, Hasil Swab Adlin Tambunan Dua Kali Negatif
Foto: Dok/Adlin Umar Yusri Tambunan
Adlin Umar Yusri Tambunan

Lubukpakam (SIB)

Ketua GP Ansor Sumut, H Adlin Umar Yusri Tambunan sebelumnya dikabarkan dua kali reaktif rapid test. Namun setelah dilakukan swab test sesuai SOP di RSUD Deliserdang, Lubukpakam hasilnya dua kali negatif.

Direktur RSUD Deliserdang, dr Hanif Fahri membenarkan hasil swab Adlin Tambunan dua kali negatif Covid-19.

"Yang bersangkutan telah dilakukan pengambilan spesimen swab nasal tenggorokan dengan metode RT-PCR pada 20 dan 21 Juli 2020 dan hasilnya dinyatakan Negatif," kata dr Hanif kepada hariansib.com, Kamis (23/7/2020).

Hanif juga menegaskan keadaan Adlin Tambunan sebelumnya sehat dan kini sehat-sehat. "Ia dinyatakan bebas dari Covid-19 sampai dengan saat ini sesuai hasil pemerikasaan yang kita lakukan sebanyak dua kali," terangnya.

Informasi yang dikumpulkan, Adlin diketahui setelah pulang dari Jakarta dinyatakan dua kali reaktif usai rapid test.

Selanjutnya, Adlin memutuskan untuk melakukan swab test di RSUD Deliserdang. Karena menurutnya RS tersebut telah memiliki alat pemeriksaan PCR atau polymerase chain reaction yang telah masuk dalam jaringan laboratorium covid nasional dan telah terintegrasi data dengan Balitbang Depkes RI.

"Alhamdulillah sudah dua kali swab sesuai SOP hasilnya negatif Covid-19 bang," kata Adlin juga membenarkan saat dihubungi.

Ia berpesan kepada seluruh masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan dalam mencegah penularan Covid-19. Seperti penggunaan masker dan jaga jarak harus selalu dipedomani dengan disiplin.(*)

Penulis
: Jekson Turnip
Editor
: Robert@hariansib.com/donna@hariansib.com
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com