Regulasi Berubah-Ubah, Dana Desa Tahap Pertama di Dairi Belum Cair


712 view
Regulasi Berubah-Ubah, Dana Desa Tahap Pertama di Dairi Belum Cair
Plt Kepala Dispemdes Dairi, Junihardi Siregar
Sidikalang (SIB)
Dana desa di Kabupaten Dairi belum ditransfer ke rekening desa dampak perubahan aturan/ regulasi, sehingga anggaran pendapatan belanja desa (APBDes) lambat selesai.


Pelaksana Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispemdes) Dairi, Junihardi Siregar, Sabtu (2/5/2020) di Sidikalang mengatakan, adanya perubahan regulasi mengakibatkan APBDes kembali disusun, agar anggaran penanganan virus Corona (Covid-19) dan bantuan langsung tunai (BLT) bagi warga terdampak secara ekonomi bisa dialokasikan.


Sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 40 Tahun 2020 Tentang Perubahan Atas PMK No. 205/PMK.07/ 2019 Tentang Pengelolaan Dana Desa syarat pencairan dana desa di antaranya adalah APBDes dan peraturan kepala desa (Perkades) tentang daftar nama penerima manfaat BLT.


Perubahan APBDes dan penetapan nama- nama penerima BLT dari dana desa yang membuat dilema kepala desa, di samping penyusunan APBDes harus sesuai aplikasi sistem keuangan desa (Siskaudes). Kepala desa takut nama penerima bantuan tumpang tindih. Selain dari DD, sumber BLT ada dari pemerintah pusat, provinsi dan daerah. Penerima tidak boleh dua kali.


Sesuai aturan baru itu, pencairan tahap pertama dana desa yaitu 40 persen yang diprioritaskan untuk BLT. Kemudian dibagi menjadi tiga tahap pencairan yakni 15 persen, 15 persen dan 10 persen. "BLT dari dana desa besarannya Rp 600 ribu per bulan selama tiga bulan," ucapnya.


Dari 161 desa di Dairi, masih 11 desa yang sudah menyerahkan APBDes dan Perkades tentang daftar tentang daftar nama penerima manfaat BLT, untuk diunggah. Dana desa tahun 2020 di Dairi Rp 128,56 milliar.(*)
Penulis
: Tulus Tarihoran
Editor
: Robert Banjarnahor
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com