SMA St Petrus Sidikalang Komitmen Laksanakan Pembelajaran Daring


189 view
(Foto SIB/ Edison P. Malau)
Kepsek SMA St Petrus Sidikalang, Manotas Situmorang. 
Sidikalang (SIB)
Pembelajaran di SMA St Petrus Sidikalang hingga sekarang masih daring 100%. Sekolah swasta yang berada di pusat kota Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi itu, komitmen dengan segala aturan dan rambu-rambu yang ada.

Kepala SMA St Petrus Sidikalang, Manotas Situmorang kepada SIB, Selasa (16/3/2021), mengatakan semua kegiatan belajar mengajar memanfaatkan aplikasi/ platform seperti Google Classroom, Zoom, Quiz dan YouTube.

“Ketika PSBB berlaku sejak April 2020 lalu, kami telah melaksanakan pembelajaran secara daring dengan penuh komitmen. Bahkan ujian-ujian serta laporan hasil belajar siswa masih terus kami laksanakan sesuai jadwal sama seperti pembelajaran tatap muka di kelas," tuturnya.

Lebih lanjut disampaikan, mendukung pelaksanakan pembelajaran daring, siswa yang tidak memiliki smartphone diberikan bantuan komputer. Siswa yang tidak memiliki smartphone menggunakan komputer di sekolah dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat.

"Kami berusaha agar semua siswa tetap dapat mengikuti pembelajaran daring secara 100% dengan cara melengkapi siswa sejumlah 10 orang yang tidak memiliki smartphone dengan komputer milik sekolah," tambahnya.
Diakui Situmorang, kendala yang dihadapi guru dan siswa adalah tingkat stres yang tinggi serta kejenuhan dalam proses pembelajaran. Mengatasi hal tersebut, SMA St Petrus Sidikalang rutin melaksanakan evaluasi pembelajaran agar kendala-kendala yang dihadapi siswa dan guru dapat diatasi melalui musyawarah guru bidang studi bersama guru bimbingan konseling dan manajemen sekolah.

“Pembelajaran daring ini semata-mata tidak hanya menyesuaikan dengan kondisi pandemi saja, tapi untuk menyadarkan siswa dan orangtua akan tuntutan kemajuan zaman sehubungan dengan Revolusi Industri 4.0 yang menuntut segala sesuatunya berbasis teknologi dan informasi melalui jaringan internet," urainya.

Masuk PTN Favorit
Ditambahkan Situmorang, persentase kelulusan siswa-siswi SMA St Petrus Sidikalang masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Politeknik Negeri favorit meningkat setiap tahunnya. Tahun 2020 sebanyak 67% dari lulusan berhasil mendapatkan bangku di berbagai PTN maupun Politeknik Negeri seperti IPB, UNDIP, Brawijaya, USU dan berbagai PTN serta Politeknik Negeri favorit. Sedangkan sisanya berhasil masuk di berbagai sekolah/politeknik kedinasan, Kepolisian maupun kemiliteran serta berhasil melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) favorit seperti Universitas Telkom dan Pertamina dengan jalur beasiswa.

Situmorang juga menyampaikan, saat ini SMA St Petrus telah membuka pendaftaran peserta didik baru tahun ajaran 2021/2022. Calon peserta didik dapat mendaftar melalui alamat link http://bit.ly/3qzhgwx atau dapat melihatnya melalui website sekolah https://smasantopetrussdk.sch.id/ atau media sosial sekolah yakni Facebook (SMA Santo Petrus Sidikalang) dan Instagram (@sanpet.sidikalang). (*)
Penulis
: Edison P. Malau
Editor
: Robert/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com