Satgas Covid-19 Tapanuli Utara Umumkan 11 Warga Terkonfirmasi Positif


209 view
Bola.com/Pixabay
Ilustrasi Virus Corona.
Tarutung (SIB)
Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tapanuli Utara, hari ini Sabtu (17/10/2020) merilis 11 orang warga terkonfirmasi positif Covid-19.
Dari 11 orang tersebut, sebanyak 9 orang adalah warga yang dirapid tes pada tanggal 13 Oktober 2020. Kala itu sebanyak 27 orang warga Taput dirapid tes dengan hasil reaktif.
Ke-27 orang warga dilanjutkan dengan pengambilan sampel untuk awab tes yang dikirimkan ke Medan karena Rumah Sakit Tarutung kehabisan cartridge.
Hasil swab atas 27 warga tersebut telah dikeluarkan hari ini, Sabtu (17/10/2020) dengan hasil 9 orang terkonfirmasi positif Covid-19, yakni OSM, SBS, AS, AS, TS, JES, EJS, ES, KS.
Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tapanuli Utara melalui Juru Bicaranya Indra Sahat Simaremare menyampaikan hasil tersebut akan dilanjutkan dengan tracing terhadap kontak erat ke-9 orang terkonfirmasi.
Selanjutnya dihimbau agar warga yang merasa kontak dengan kesembilan orang tersebut agar melakukan rapid test ke puskesmas terdekat karena ini adalah rentetan tracing dari ASN Dinas Kesehatan yang telah meninggal dunia.
Sedangkan dua orang lainnya terkonfirmasi positif Covid-19 yakni pasca seorang warga melakukan swab di Puskesmas Situmeang Habinsaran pada tanggal 15 Oktober 2020 dan hasilnya terkonfirmasi positif.
Maka dilakukan tracing pada tanggal 16 Oktober 2020 untuk kontak dan ditemukan 3 (tiga) orang hasil rapid reaktif. Dari 3 (tiga) orang yang reaktif dilanjutkan pengambilan swab dan 2 (dua) orang terkonfirmasi positif.
Atas kondisi tersebut Satuan Tugas menganjurkan agar masyarakat menerapkan protokol kesehatan yakni gunakan masker ketika keluar rumah, menjaga jarak dan mencuci tangan dan tidak perlu panik serta menjaga imunitas tubuh. (*)

Penulis
: Posma Simorangkir
Editor
: bantors@hariansib.com