Sejumlah Pasien ODGJ RSJ Prof Ildrem Buat Berbagai Keterampilan


212 view
Sejumlah Pasien ODGJ RSJ Prof Ildrem Buat Berbagai Keterampilan
(Foto SIB/Leo Bukit)
HASIL KETERAMPILAN: Wakil Direktur Pelayanan RSJ Prof Dr M Ildrem dr Lisni Elysah SpKK Finsdv (tengah) sedang memperlihatkan salah satu hasil keterampilan dari sejumlah pasien ODGJ, Jumat (19/3/2021). 
Medan (SIB)
Sejumlah pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang sudah mulai sembuh dirawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof Dr M Ildrem, membuat berbagai keterampilan.

"Sejumlah pasien sudah bisa membuat berbagai keterampilan. Ini juga terapi buat mereka. Saat membuat keterampilan ini mereka diajak melatih diri dan konsentrasi. Ini merupakan program rehab sosial," kata Direktur Utama RSJ Prof Dr M Ildrem melalui Wakil Direktur Pelayanan, dr Lisni Elysah SpKK Finsdv kepada wartawan, Jumat (19/3/2021).

Keterampilan para pasien di antaranya membuat konektor masker dan gantungan masker berbahan manik-manik. Selain itu mereka juga sudah bisa membuat sabun cuci piring, berkebun dan membuat pupuk organik yang terbuat dari limbah dapur rumah sakit itu. Menariknya lagi, para pasien ODGJ itu juga terampil dalam mewarnai dan melukis di atas kanvas kain.

"Khusus keterampilan melukis, mereka kita ajak untuk menuangkan apa yang mereka rasa dan apa yang ada dipikiran mereka. Melukis juga membuat mereka mau berkomunikasi, seperti bertanya kepada pembina. Sedangkan keterampilan lain, mereka cenderung tidak mau berkomunikasi," timpal Kepala Instalasi Rehabilitasi Sosial RSJ Prof Dr M Ildrem, dr Rita Hartuti.

Disebutkannya, tidak ada kendala dalam mengajarkan keterampilan ini. Awalnya para pasien diajarkan membuat gelang dan kalung, namun karena pandemi diajarkan membuat konektor masker dan kalung masker.

Para pasien itu harus 2 jam sekali istirahat, lalu dimotivasi lagi untuk membuat keterampilan itu. Pasien-pasien itu merupakan pasien dengan gangguan jiwa yang sudah dalam kondisi tenang, sehingga tidak begitu sulit diajak berkomunikasi.

"Hasil penjualan sebagian disisihkan buat mereka. Kami berharap ada bantuan dalam hal pemasaran, kini produk-produk karya mereka masih dijual di lingkungan rumah sakit saja," tutupnya. (*)
Penulis
: Leo Bukit
Editor
: Wilfred
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com