Selain PNS di Setdakab, Guru di Labusel Sudah 2 Bulan Belum Gajian


213 view
Internet
Ilustrasi
Kotapinang (SIB)
Selain Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab), para guru sejajaran Pemkab Labusel pun hingga kini belum menerima gaji.

Salah seorang guru di salah satu SD Negeri di Kelurahan Kotapinang, Kecamatan Kotapinang, Kamis (18/3/2021) mengatakan, para guru yang berstatus PNS belum menerima gaji sejak Januari lalu. Ia mengaku tidak mengetahui pasti penyebab keterlambatan pembayaran gaji tersebut.

"Sejak Januari hingga Maret masih belum gajian. Biasanya nggak ada masalah, tahun ini saja gajiannya selambat ini," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Pemkab Labusel, Sutan Nataris Oloan Harahap yang dikonfirmasi membenarkan informasi tersebut. Menurutnya, keterlambatan pembayaran gaji tersebut disebabkan sejumlah hal, salah satunya perubahan sistem pengelolaan keuangan daerah dari Simda ke SIPD.

"Namun begitu prosesnya sedang berjalan. Sudah kami ajukan ke Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah. Mudah-mudahan secepatnya gaji para guru dapat dibayarkan," katanya.

Sutan berharap para guru bersabar dan tetap semangat menjalankan tugas seperti biasa. Menurutnya, situasi tersebut bukan kesengajaan.

Sementara itu, selain PNS Setdakab dan para guru, PNS di sejumlah kantor kecamatan pun banyak yang belum gajian. Tidak hanya itu, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Labusel pun sudah dua bulan ini belum juga menerima gaji. (*)

Penulis
: Rudi Afandi Simbolon
Editor
: Robert/Eva Rina P
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com