Sertifikasi Tukang, Dewan Perkasa Hadir di Nias Utara


309 view
Sertifikasi Tukang, Dewan Perkasa Hadir di Nias Utara
(Foto : Dok/Yostinus Hulu)
AUDIENSI: Dalam audiensi dengan Bupati Nisut, baru-baru ini, Ketua Bedeng Daerah Nisut, Yostinus Hulu diterima bupati  diwakili Kadis PUPR, Bernard Nazara. 
Nias Utara (SIB)
Sesuai amanah Undang-Undang Jasa Konstruksi dalam melakukan sertifikasi tukang, Lembaga Dewan Pertukangan Nasional (Perkasa) hadir di Nias Utara (Nisut), dengan nama pengurus bedeng daerah.

Ketua Bedeng Daerah Nisut, Yostinus Hulu, Jumat (19/2/2021), menjelaskan, kehadiran Perkasa diawali keluhan para investor tentang banyaknya kualitas tukang yang kurang profesional, sehingga bangunan konstruksi dan lainnya kerap bermasalah.

Pihaknya pun menjadi mitra Pemkab Nisut di daerah. "Pengurus bedeng daerah Nisut akan bekerjasama dengan Pemkab menata tukang untuk dilakukan pelatihan oleh kementerian," jelasnya.

Sertifikat tukang nantinya menjadi modal bekerja pada proyek pemerintah, swasta maupun pribadi. Tukang akan dikategorikan menjadi 3, yakni tingkat madia, terampil dan operator.

"Jadi, nantinya tukang yang tidak mengikuti sertifikasi tidak boleh mengikuti pertukangan dalam ratusan jenis pekerjaan. Kami akan aktif mengawasi dan melaporkan kepada penegak hukum, sebab undang-undangnya ada," jelasnya. (*)

Penulis
: Riswan H Gultom
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com