Pengamat Ekonomi Gunawan Benjamin

Silpa APBD Medan Rp 506,65 Miliar Bukan Prestasi


480 view
Silpa APBD Medan Rp 506,65 Miliar Bukan Prestasi
Foto: Dok/Gunawan Benjamin
Gunawan Benjamin

Medan (SIB)

Sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) yang terlalu besar bisa mengindikasikan kurangnya produktifitas pemerintah dalam penggunaan anggaran. Dengan angka Rp506,65 miliar itu, jika digunakan secara maksimal, maka akan mengurangi beban pemerintah di tahun ini.

"Silpa yang besar seperti itu bukanlah prestasi," kata pengamat ekonomi Universitas Islam Negeri (UIN) Sumut Gunawan Benjamin, Jumat (19/6/2020), mengomentari berita Silpa APBD Medan 2019 mencapai Rp 506,65 miliar.

Dikatakannya, dalam sudut pandang ekonom, uang yang sudah dianggarkan namun tidak diberdayagunakan sama saja menunda pembangunan.

Jika ditarik kembali benang merahnya, jelas anggaran yang sebesar itu sama saja pemerintah tidak maksimal dalam program pengentasan kemiskinan di wilayah ini.

Artinya, kata dia, uang sebesar itu bisa digunakan untuk hal produktif yang pada akhirnya bisa merekrut banyak tenaga kerja. Muaranya adalah tenaga kerja terserap, pengangguran berkurang dan kemiskinan lebih bisa dikendalikan.

Menurut dia, seharusnya ada aturan yang ketat yang bisa memberikan sanksi kepada pejabat daerah yang tidak maksimal dalam penggunaan anggarannya. Karena itu uang rakyat, di mana pemerintah yang diamanahkan mengelola demi kepentingan rakyat.

“Saya berharap ada upaya untuk penggunaan Silpa tersebut bisa disalurkan dalam bentuk bantuan sosial ke masyarakat,"kata Gunawan.

Menurut dia, sebaiknya Pemko Medan menjabarkan mengapa ada Silpa sebesar itu.

"Jelaskan proyek-proyek mana saja yang tidak bisa dieksekusi secara maksimal. Atau masalah teknis apa yang memicu terjadinya Silpa sebesar itu. Karena ini uang rakyat, rakyat itu bayar pajak. Jadi sudah sewajarnya rakyat itu tahu kenapa harus ada Silpa," kata Gunawan. (*)

Penulis
: Eddy Bukit
Editor
: Wilfred Manullang/Donna
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com