Surat Pengunduran Cabup Nias Utara Amizaro Waruwu sebagai Anggota DPRD Belum Lengkap


2.900 view
Surat Pengunduran Cabup Nias Utara Amizaro Waruwu sebagai Anggota DPRD Belum Lengkap
Foto: SIB/ lestaman Nazara
KETERANGAN: Sukanto Waruwu (tengah) dan Eferi Zalukhu (2 kiri) saat memberi keterangan kendala pengunduran diri cabup Amizaro Waruwu, Senin (2/11/2020).
Nias Utara(SIB)
Sekertaris DPRD (Sekwan) Nias Utara (Nisut), Eferi Zalukhu mengatakan, surat pengunduran diri sebagai anggota DPRD salah satu calon bupati (cabup), Amizaro Waruwu, belum lengkap sehingga belum dapat diparipurnakan. Surat tersebut sebagai salah satu syarat berkas di KPUD Nisut.

Eferi menjelaskan, sebelumnya Amizaro hanya memohonkan pengunduran diri sebagai anggota DPRD Nisut. Setelah diteruskan kepada gubernur, diperoleh informasi bahwa Amizaro juga harus melampirkan pengunduran diri sebagai wakil ketua, sehingga rekomendasi pemberhentiannya bisa diproses.

"Surat pengunduran diri sebagai anggota dewan sudah ada, namun sebagai Wakil Ketua DPRD belum ada. Beliau sebelumnya wakil ketua, sehingga belum bisa diparipurnakan permohonan pemberhentiannya," kata Eferi, Senin (2/11/2020).

Eferi mengatakan, semestinya proses dan aturan ini diketahui persis yang bersangkutan dan parpolnya.

Ketua DPRD Nisut, Sukanto Waruwu juga mengatakan masih menunggu surat pengunduran diri Amizaro pada jabatan wakil ketua untuk dapat dibahas dan diparipurnakan di DPRD.

Ketua Tim paslon Amizaro Waruwu -Yusman Zega, Dalifati Ziliwu menanggapi hal itu menjelaskan, surat penggunduran diri terkait pengganti antar waktu (PAW) Amizaro sudah diajukan dan sedang dalam proses.

"Terkait paripurna untuk mendapatkan rekomendasi pada jabatan wakil, itu hak lembaga. Yang penting kita sudah sampaikan persyaratan di KPUD, kita tunggu saja prosesnya," kata Dalifati. (*)

Penulis
: Lestaman Nazara
Editor
: wilfred@hariansib.com/donna@hariansib.com
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com