TNI AL Gagalkan Penyelundupan 4 Kilogram Sabu


117 view
Foto SIB/Dispen Koarmada I
Barang Bukti : Pihak TNI AL dan BNN menunjukkan barang bukti sabu asal Malaysia yang gagal diselundupakan ke Indonesia, Kamis (25/3/2021).
Belawan (SIB)
Petugas Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Batam, gagalkan penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu asal Malaysia ke Indonesia, kurang lebih seberat 4 kilogram.
Selain itu, pihak TNI AL juga meringkus dua orang pria, M (39) dan K (37), dari kawasan Pelantar Pulau Judah, Kecamatan Moro, Kabupaten Tanjung Balai Karimun
Dalam siaran persnya yang diterima wartawan dari Perwira Penerangan Dispen Koarmada I, Letda Laut (S) Mega Patinurjaya, Kamis sore (25/3/2021), Danlantamal IV Laksma TNI Indarto Budiarto SE MHan didampingi Danlanal Batam Kolonel Laut (P) Sumantri MM, serta pihak BNN Kota Batam mengatakan, kedua terduga kurir narkoba jaringan Malaysia-Indonesia tersebut berikut barang bukti kurang lebih 4 kilogram sabu ditangkap pada Rabu (24/3/2021).
Disebutkan, penangkapan M dan R serta barang bukti berawal ketika pihak TNI AL mendapat informasi dari masyarakat adanya upaya penyelundupan narkoba dari Malaysia.
Selanjutnya, dengan menggunakan KAL Pulau Nipah dan Sea Rider pihak Lanal Batam melakukan pengamatan dan penyelidikan serta penyekatan, selanjutnya di kawasan Pelantar, Pulau Judah, Kecamatan Moro, Kabupaten Tanjung Balai Karimun, M dan R ditangkap serta barang bukti sabu kurang lebih seberat 4 kilogram.
Guna pengusutan lanjut, M dan R serta barang bukti diserahkan kepada pihak BNN.
Sementara itu, Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI A Rasyid SE MM mengatakan, penangkapan dua terduga pelaku yang membawa narkoba jenis sabu tersebut merupakan bentuk kerjasama petugas dan masyarakat selaku penyampai informasi di lapangan
Menurut Panglima Koarmada I, sekecil apapun informasi dari masyarakat akan ditindaklanjuti sebagai upaya untuk mencegah keluar masuknya barang haram melalui perairan di wilayah kerja Koarmada I.
Diharapkan dengan kehadiran petugas patroli yang secara rutin melakukan pengawasan di perairan yang disinyalir menjadi jalur penyelundupan narkotika, para pelaku akan mengurungkan niatnya memasok barang haram dari luar negeri ke Indonesia.
Panglima Koarmada juga mengatakan, menindaklanjuti Komitmen Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Yudo Margono, SE MM, TNI AL tidak akan pernah mengendorkan pengawasan dalam melakukan pemberantasan segala bentuk pelanggaran hukum dan kejahatan di laut yurisdiksi nasional.(*)

Penulis
: Pally S
Editor
: Robert/Eva Rina P
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com